Pendahuluan Surat Al Baqarah

سُورَةُ ٱلْبَقَرَةِ تَرْتِيبُهَا ٢، آيَاتُهَا ٢٨٦

Surah Al-Baqarah. Urutannya (dalam mushaf) adalah surah ke-2, jumlah ayatnya 286. ---

قَالَ ٱلْقُرْطُبِيُّ فِي تَفْسِيرِ سُورَةِ ٱلْبَقَرَةِ: مَدَنِيَّةٌ نَزَلَتْ فِي مُدَدٍ شَتَّى.
Al-Qurṭubi berkata dalam tafsir Surah Al-Baqarah: Surah ini Madaniyyah, diturunkan dalam beberapa masa (tahap) yang beraneka.
وَقِيلَ: هِيَ أَوَّلُ سُورَةٍ نَزَلَتْ بِٱلْمَدِينَةِ، إِلَّا قَوْلَهُ تَعَالَىٰ: ﴿وَٱتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى ٱللَّهِ﴾ «١»،
Ada yang berpendapat: Surah ini adalah surah pertama yang diturunkan di Madinah, kecuali firman-Nya Ta‘ala: “Dan takutlah kamu akan suatu hari ketika kamu semua dikembalikan kepada Allah” (Al-Baqarah: 281),
فَإِنَّهَا آخِرُ آيَةٍ نَزَلَتْ مِنَ ٱلسَّمَاءِ،
karena ayat itu adalah ayat terakhir yang diturunkan dari langit,
وَنَزَلَتْ يَوْمَ ٱلنَّحْرِ فِي حِجَّةِ ٱلْوَدَاعِ بِمِنًى،
dan ia diturunkan pada hari Nahr (10 Dzulhijjah) dalam Haji Wada‘ di Mina,
وَآيَاتُ ٱلرِّبَا أَيْضًا مِنْ أَوَاخِرِ مَا نَزَلَ مِنَ ٱلْقُرْآنِ.
dan ayat-ayat riba juga termasuk bagian terakhir yang diturunkan dari Al-Qur’an.
ٱنْتَهَىٰ.
Selesai (kutipan).
(١) ٱلْبَقَرَةُ: ٢٨١.
(1) Al-Baqarah: 281. ---
وَأَخْرَجَ أَبُو ٱلضُّرَيْسِ فِي «فَضَائِلِهِ»، وَأَبُو جَعْفَرٍ ٱلنَّحَّاسُ فِي «ٱلنَّاسِخِ وَٱلْمَنْسُوخِ»، وَٱبْنُ مَرْدَوَيْهِ وَٱلْبَيْهَقِيُّ فِي «دَلَائِلِ ٱلنُّبُوَّةِ»، مِنْ طُرُقٍ عَنِ ٱبْنِ عَبَّاسٍ قَالَ:
Abu Ḍurays dalam kitab *Faḍā’il*-nya, Abu Ja‘far An-Naḥḥās dalam *An-Nāsikh wal-Mansūkh*, Ibnu Mardawaih dan Al-Baihaqi dalam *Dalā’il an-Nubuwwah*, dari berbagai jalur, meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata:
نَزَلَتْ بِٱلْمَدِينَةِ سُورَةُ ٱلْبَقَرَةِ.
“Surah Al-Baqarah diturunkan di Madinah.”
وَأَخْرَجَ ٱبْنُ مَرْدَوَيْهِ عَنْ عَبْدِ ٱللَّهِ بْنِ ٱلزُّبَيْرِ مِثْلَهُ.
Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari ‘Abdullah bin Az-Zubair dengan makna yang sama.
وَأَخْرَجَ أَبُو دَاوُدَ فِي «ٱلنَّاسِخِ وَٱلْمَنْسُوخِ» عَنْ عِكْرِمَةَ قَالَ:
Abu Dāwud dalam *An-Nāsikh wal-Mansūkh* meriwayatkan dari ‘Ikrimah, ia berkata:
أَوَّلُ سُورَةٍ أُنْزِلَتْ بِٱلْمَدِينَةِ سُورَةُ ٱلْبَقَرَةِ.
“Surah pertama yang diturunkan di Madinah adalah Surah Al-Baqarah.” ---
وَقَدْ وَرَدَ فِي فَضْلِهَا أَحَادِيثُ،
Telah datang beberapa hadis mengenai keutamaan surah ini.
مِنْهَا: مَا أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ وَٱلتِّرْمِذِيُّ وَأَحْمَدُ وَٱلْبُخَارِيُّ فِي «تَارِيخِهِ»، وَمُحَمَّدُ بْنُ نَصْرٍ، عَنِ ٱلنَّوَّاسِ بْنِ سَمْعَانَ قَالَ:
Di antaranya: hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, At-Tirmidzi, Ahmad, Al-Bukhari dalam *At-Tārīkh*-nya, dan Muḥammad bin Naṣr, dari An-Nawwās bin Sam‘ān, ia berkata:
سَمِعْتُ رَسُولَ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ:
“Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda:
«يُؤْتَىٰ بِٱلْقُرْآنِ وَأَهْلِهِ ٱلَّذِينَ كَانُوا يَعْمَلُونَ بِهِ فِي ٱلدُّنْيَا، تَقْدُمُهُمْ سُورَةُ ٱلْبَقَرَةِ وَآلُ عِمْرَانَ».
‘Akan didatangkan Al-Qur’an dan orang-orang yang mengamalkannya di dunia; di depan mereka maju Surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imrān.’”
قَالَ: وَضَرَبَ لَهُمَا رَسُولُ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَةَ أَمْثَالٍ مَا نَسِيتُهُنَّ بَعْدُ،
Ia (An-Nawwās) berkata: “Rasulullah saw. memberikan tiga perumpamaan untuk keduanya (Al-Baqarah dan Ali ‘Imrān), yang tidak pernah aku lupakan setelah itu.”
قَالَ: «كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا ظُلَّتَانِ سَوْدَاوَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَّافَّ، تُحَاجَّانِ عَنْ صَاحِبِهِمَا».
Beliau bersabda: “Seakan-akan keduanya adalah dua gumpalan awan, atau seakan-akan keduanya adalah dua naungan yang menaungi, atau seakan-akan keduanya adalah dua naungan yang hitam pekat, atau seakan-akan keduanya adalah dua kelompok burung yang membentangkan sayap, yang membela orang yang membacanya.” ---
وَأَخْرَجَ ٱبْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَحْمَدُ وَٱلدَّارِمِيُّ وَمُحَمَّدُ بْنُ نَصْرٍ وَٱلْحَاكِمُ وَصَحَّحَهُ، عَنْ بُرَيْدَةَ قَالَ:
Ibnu Abī Syaibah, Ahmad, Ad-Dārimī, Muḥammad bin Naṣr, dan Al-Ḥākim (yang mensahihkannya) meriwayatkan dari Buraidah, ia berkata:
قَالَ رَسُولُ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
Rasulullah saw. bersabda:
«تَعَلَّمُوا سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ، فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ، وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ، وَلَا يَسْتَطِيعُهَا ٱلْبَطَلَةُ».
“Pelajarilah Surah Al-Baqarah, karena mengambilnya (mempelajari dan membacanya) adalah keberkahan, meninggalkannya adalah penyesalan, dan para *bathalah* (tukang sihir atau orang malas) tidak akan sanggup menguasainya.”
ثُمَّ سَكَتَ سَاعَةً، ثُمَّ قَالَ:
Kemudian beliau diam sejenak, lalu bersabda:
«تَعَلَّمُوا سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ وَآلَ عِمْرَانَ، فَإِنَّهُمَا ٱلزَّهْرَاوَانِ، تُظَلِّلَانِ صَاحِبَهُمَا يَوْمَ ٱلْقِيَامَةِ، كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ، أَوْ غَيَايَتَانِ، أَوْ فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَّافَّ».
“Pelajarilah Surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imrān, karena keduanya adalah *az-zahrawān* (dua surah yang bercahaya), yang akan menaungi orang yang membacanya pada hari Kiamat, seakan-akan keduanya adalah dua gumpalan awan, atau dua naungan yang menaungi, atau dua kelompok burung yang membentangkan sayap.”
قَالَ ٱبْنُ كَثِيرٍ: وَإِسْنَادُهُ حَسَنٌ عَلَىٰ شَرْطِ مُسْلِمٍ.
Ibnu Katsir berkata: “Sanad hadis ini hasan menurut kriteria Muslim.” ---
وَأَخْرَجَ نَحْوَهُ أَبُو عُبَيْدٍ وَأَحْمَدُ وَحُمَيْدُ بْنُ زَنْجُوَيْهِ، وَمُسْلِمٌ وَٱبْنُ حِبَّانَ وَٱلطَّبَرَانِيُّ وَٱلْحَاكِمُ وَٱلْبَيْهَقِيُّ، مِنْ حَدِيثِ أَبِي أُمَامَةَ مَرْفُوعًا.
Riwayat yang semisal ini juga dikeluarkan oleh Abu ‘Ubaid, Ahmad, Ḥumaid bin Zanjawaih, Muslim, Ibnu Ḥibbān, Ath-Ṭabarani, Al-Ḥakim dan Al-Baihaqi, dari hadis Abu Umāmah secara marfū‘.
وَأَخْرَجَ نَحْوَهُ أَيْضًا ٱلطَّبَرَانِيُّ وَأَبُو ذَرٍّ ٱلْهَرَوِيُّ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ عَنِ ٱبْنِ عَبَّاسٍ مَرْفُوعًا.
Riwayat serupa juga dikeluarkan oleh Ath-Ṭabarani dan Abu Żar Al-Harawi dengan sanad yang lemah dari Ibnu ‘Abbas secara marfū‘.
وَأَخْرَجَ نَحْوَهُ أَيْضًا ٱلْبَزَّارُ فِي «سُنَنِهِ» بِسَنَدٍ صَحِيحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ مَرْفُوعًا.
Riwayat seperti itu juga dikeluarkan oleh Al-Bazzār dalam *Sunan*-nya dengan sanad yang sahih dari Abu Hurairah secara marfū‘. ---
وَأَخْرَجَ مُسْلِمٌ وَٱلتِّرْمِذِيُّ وَأَحْمَدُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
Muslim, At-Tirmidzi dan Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda:
«لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ، إِنَّ ٱلشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ ٱلْبَيْتِ ٱلَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ ٱلْبَقَرَةِ».
“Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan Surah Al-Baqarah.”
وَأَخْرَجَ أَبُو عُبَيْدٍ عَنْ أَنَسٍ نَحْوَهُ مَرْفُوعًا.
Abu ‘Ubaid meriwayatkan dari Anas hadis serupa secara marfū‘.
وَأَخْرَجَ ٱبْنُ عَدِيٍّ فِي «ٱلْكَامِلِ»، وَٱبْنُ عَسَاكِرَ فِي «تَارِيخِهِ»، عَنْ أَبِي ٱلدَّرْدَاءِ مَرْفُوعًا نَحْوَهُ.
Ibnu ‘Adiy dalam *Al-Kāmil* dan Ibnu ‘Asākir dalam *Tārīkh*-nya meriwayatkan dari Abu Dardā’ secara marfū‘ dengan makna serupa.
وَأَخْرَجَ ٱلطَّبَرَانِيُّ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ عَنْ عَبْدِ ٱللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ مَرْفُوعًا نَحْوَهُ.
Ath-Ṭabarani meriwayatkan dengan sanad yang lemah dari ‘Abdullah bin Mughaffal secara marfū‘ dengan makna serupa. ---
وَأَخْرَجَ ٱلنَّسَائِيُّ وَٱلطَّبَرَانِيُّ وَٱلْبَيْهَقِيُّ عَنِ ٱبْنِ مَسْعُودٍ مَرْفُوعًا نَحْوَهُ، وَسَنَدُهُ ضَعِيفٌ.
An-Nasā’i, Ath-Ṭabarani dan Al-Baihaqi meriwayatkan dari Ibnu Mas‘ud secara marfū‘ dengan makna serupa, dan sanadnya lemah.
وَأَخْرَجَهُ ٱلدَّارِمِيُّ وَٱلْبَيْهَقِيُّ وَٱلْحَاكِمُ وَصَحَّحَهُ مِنْ حَدِيثِهِ بِنَحْوِهِ.
Hadis semakna juga diriwayatkan oleh Ad-Dārimī, Al-Baihaqi dan Al-Ḥākim (yang mensahihkannya) dari jalur lain dari Ibnu Mas‘ud. ---
وَأَخْرَجَ أَبُو يَعْلَىٰ وَٱبْنُ حِبَّانَ وَٱلطَّبَرَانِيُّ وَٱلْبَيْهَقِيُّ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ ٱلسَّاعِدِيِّ قَالَ:
Abu Ya‘lā, Ibnu Ḥibbān, Ath-Ṭabarani dan Al-Baihaqi meriwayatkan dari Sahl bin Sa‘d As-Sā‘idī, ia berkata:
قَالَ رَسُولُ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
Rasulullah saw. bersabda:
«إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامًا، وَسَنَامُ ٱلْقُرْآنِ سُورَةُ ٱلْبَقَرَةِ،
“Sesungguhnya setiap sesuatu itu memiliki puncak (punuk), dan puncak Al-Qur’an adalah Surah Al-Baqarah.
مَنْ قَرَأَهَا فِي بَيْتِهِ نَهَارًا لَمْ يَدْخُلْهُ ٱلشَّيْطَانُ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ،
Barang siapa membacanya di rumahnya pada siang hari, setan tidak akan masuk ke rumah itu selama tiga hari;
وَمَنْ قَرَأَهَا فِي بَيْتِهِ لَيْلًا لَمْ يَدْخُلْهُ ٱلشَّيْطَانُ ثَلَاثَ لَيَالٍ».
dan barang siapa membacanya di rumahnya pada malam hari, setan tidak akan masuk ke rumah itu selama tiga malam.” ---
وَأَخْرَجَ أَحْمَدُ وَمُحَمَّدُ بْنُ نَصْرٍ وَٱلطَّبَرَانِيُّ بِسَنَدٍ صَحِيحٍ عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ أَنَّ رَسُولَ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
Ahmad, Muḥammad bin Naṣr dan Ath-Ṭabarani meriwayatkan dengan sanad sahih dari Ma‘qil bin Yasār bahwa Rasulullah saw. bersabda:
«ٱلْبَقَرَةُ سَنَامُ ٱلْقُرْآنِ وَذِرْوَتُهُ،
“Al-Baqarah adalah punuk (puncak) Al-Qur’an dan puncak tertingginya.
نَزَلَ مَعَ كُلِّ آيَةٍ مِنْهَا ثَمَانُونَ مَلَكًا،
Bersama setiap ayat dari surah ini turun delapan puluh malaikat,
وَٱسْتُخْرِجَتْ: ﴿ٱللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَيُّ ٱلْقَيُّومُ﴾ مِنْ تَحْتِ ٱلْعَرْشِ، فَوُصِلَتْ بِهَا».
dan ayat ‘Allah, tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah kecuali Dia Yang Mahahidup, Mahaberdiri sendiri (mengurus makhluk-Nya)’ (Ayat Kursi) dikeluarkan dari bawah ‘Arsy, lalu disambungkan ke dalam surah ini.”
فَتْحُ ٱلْقَدِيرِ لِلشَّوْكَانِيِّ - ج ١ (ص: ٣٣)
*Fatḥ al-Qadīr* karya Asy-Syaukānī – Jilid 1 (hlm. 33). ---
وَأَخْرَجَ ٱلْبَغَوِيُّ فِي «مُعْجَمِ ٱلصَّحَابَةِ» وَٱبْنُ عَسَاكِرَ فِي «تَارِيخِهِ» عَنْ رَبِيعَةَ ٱلْجُرَشِيِّ قَالَ:
Al-Baghawi dalam *Mu‘jam aṣ-Ṣaḥābah* dan Ibnu ‘Asākir dalam *Tārīkh*-nya meriwayatkan dari Rabi‘ah Al-Jurasī, ia berkata:
سُئِلَ رَسُولُ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ ٱلْقُرْآنِ أَفْضَلُ؟
“Rasulullah saw. pernah ditanya, ‘Bagian manakah dari Al-Qur’an yang paling utama?’”
قَالَ: «ٱلسُّورَةُ ٱلَّتِي يُذْكَرُ فِيهَا ٱلْبَقَرَةُ».
Beliau bersabda: “(Itu adalah) surah yang di dalamnya disebutkan (kisah) sapi betina (Surah Al-Baqarah).”
قِيلَ: فَأَيُّ ٱلْبَقَرَةِ أَفْضَلُ؟
Ditanya lagi: “Lalu bagian mana dari Surah Al-Baqarah yang paling utama?”
قَالَ: «آيَةُ ٱلْكُرْسِيِّ، وَخَوَاتِيمُ سُورَةِ ٱلْبَقَرَةِ، نَزَلَتْ مِنْ تَحْتِ ٱلْعَرْشِ».
Beliau bersabda: “Ayat Kursi dan penutup Surah Al-Baqarah; keduanya diturunkan dari bawah ‘Arsy.” ---
وَأَخْرَجَ أَبُو عُبَيْدٍ وَأَحْمَدُ وَٱلْبُخَارِيُّ فِي «صَحِيحِهِ» تَعْلِيقًا، وَمُسْلِمٌ وَٱلنَّسَائِيُّ عَنْ أُسَيْدِ بْنِ حُضَيْرٍ قَالَ:
Abu ‘Ubaid, Ahmad, Al-Bukhari dalam *Ṣaḥīḥ*-nya secara ta‘liq (tanpa sanad lengkap), Muslim dan An-Nasā’i meriwayatkan dari Usayd bin Ḥuḍair, ia berkata:
«بَيْنَمَا هُوَ يَقْرَأُ مِنَ ٱلَّيْلِ سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ، وَفَرَسُهُ مَرْبُوطَةٌ عِنْدَهُ، إِذْ جَالَتِ ٱلْفَرَسُ، فَسَكَتَ، فَسَكَنَتْ،
“Ketika ia sedang membaca Surah Al-Baqarah pada malam hari, dan kudanya terikat di dekatnya, tiba-tiba kuda itu gelisah (melompat-lompat); maka ia pun diam, dan kuda itu tenang.
ثُمَّ قَرَأَ، فَجَالَتِ ٱلْفَرَسُ، فَسَكَتَ، فَسَكَنَتْ،
Lalu ia membaca lagi, kuda itu kembali gelisah; ia pun diam, dan kuda itu tenang.
ثُمَّ قَرَأَ، فَجَالَتِ ٱلْفَرَسُ، فَسَكَتَ، فَسَكَنَتْ،
Kemudian ia membaca lagi, kuda itu kembali gelisah; ia pun diam, dan kuda itu tenang.
فَٱنْصَرَفَ إِلَىٰ ٱبْنِهِ يَحْيَىٰ، وَكَانَ قَرِيبًا مِنْهَا، فَأَشْفَقَ أَنْ تُصِيبَهُ،
Maka ia pergi ke arah putranya, Yahya, yang berada dekat dengan kuda itu, ia khawatir kuda itu akan mencederainya.
فَلَمَّا أَخَذَهُ، رَفَعَ رَأْسَهُ إِلَى ٱلسَّمَاءِ، فَإِذَا هُوَ بِمِثْلِ ٱلظُّلَّةِ فِيهَا أَمْثَالُ ٱلْمَصَابِيحِ، عَرَجَتْ إِلَى ٱلسَّمَاءِ حَتَّىٰ مَا يَرَاهَا».
Ketika ia telah menggendong anaknya, ia mengangkat pandangannya ke langit, ternyata ia melihat sesuatu seperti naungan (awan) yang di dalamnya terdapat benda-benda seperti lampu-lampu, lalu naungan itu naik ke langit hingga ia tidak lagi melihatnya.
فَلَمَّا أَصْبَحَ حَدَّثَ رَسُولَ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِذٰلِكَ،
Ketika pagi hari, ia menceritakan hal itu kepada Rasulullah saw.,
فَقَالَ رَسُولُ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَتَدْرِي مَا ذَاكَ؟» قَالَ: لَا يَا رَسُولَ ٱللَّهِ.
Lalu Rasulullah saw. bersabda: “Tahukah engkau apa itu?” Ia menjawab: “Tidak, wahai Rasulullah.”
قَالَ: «تِلْكَ ٱلْمَلَائِكَةُ دَنَتْ لِصَوْتِكَ، وَلَوْ قَرَأْتَ لَأَصْبَحَتِ ٱلنَّاسُ يَنْظُرُونَ إِلَيْهَا، لَا تَتَوَارَىٰ مِنْهُمْ».
Beliau bersabda: “Itulah para malaikat yang mendekat karena suara (bacaan)mu; seandainya engkau terus membaca, niscaya manusia pada pagi harinya akan dapat melihat mereka, dan mereka tidak akan tersembunyi dari mereka.”
وَلِهٰذَا ٱلْحَدِيثِ أَلْفَاظٌ (أُخْرَى).
Hadis ini memiliki beberapa lafaz lain (dengan redaksi yang sedikit berbeda). ---
وَأَخْرَجَ ٱلتِّرْمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ، وَٱلنَّسَائِيُّ وَٱبْنُ مَاجَهْ وَٱبْنُ حِبَّانَ وَٱلْحَاكِمُ وَصَحَّحَهُ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ:
At-Tirmidzi (dan ia menghasankannya), An-Nasā’i, Ibnu Mājah, Ibnu Ḥibbān dan Al-Ḥakim (yang mensahihkannya) meriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata:
«بَعَثَ رَسُولُ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْثًا، فَٱسْتَقْرَأَ كُلَّ رَجُلٍ مِنْهُمْ» يَعْنِي: مَا مَعَهُ مِنَ ٱلْقُرْآنِ،
“Rasulullah saw. mengutus satu pasukan kecil, lalu beliau meminta setiap orang dari mereka untuk membacakan (Al-Qur’an yang dihafalnya).”
«فَأَتَىٰ عَلَىٰ رَجُلٍ مِنْ أَحْدَثِهِمْ سِنًّا، فَقَالَ: مَا مَعَكَ يَا فُلَانُ؟ قَالَ: مَعِي كَذَا وَكَذَا وَسُورَةُ ٱلْبَقَرَةِ».
Beliau mendatangi seorang laki-laki yang paling muda usianya, lalu bersabda: “Apa yang engkau hafal, wahai fulan?” Ia menjawab: “Aku menghafal ini dan itu, serta Surah Al-Baqarah.”
قَالَ: «أَمَعَكَ سُورَةُ ٱلْبَقَرَةِ؟» قَالَ: نَعَمْ، قَالَ: «ٱذْهَبْ فَأَنْتَ أَمِيرُهُمْ».
Beliau bersabda: “Benarkah engkau hafal Surah Al-Baqarah?” Ia menjawab: “Ya.” Beliau bersabda: “Pergilah, engkaulah pemimpin mereka.” ---
وَأَخْرَجَ ٱلْبَيْهَقِيُّ فِي «ٱلدَّلَائِلِ» عَنْ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي ٱلْعَاصِ قَالَ:
Al-Baihaqi dalam *Dalā’il an-Nubuwwah* meriwayatkan dari ‘Uṡmān bin Abī ‘Āṣ, ia berkata:
«ٱسْتَعْمَلَنِي رَسُولُ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا أَصْغَرُ ٱلْقَوْمِ ٱلَّذِينَ وَفَدُوا عَلَيْهِ مِنْ ثَقِيفٍ، وَذٰلِكَ أَنِّي كُنْتُ قَدْ قَرَأْتُ سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ».
“Rasulullah saw. pernah mengangkatku menjadi pemimpin, padahal aku adalah yang termuda di antara rombongan yang datang kepadanya dari (kabilah) Tsaqīf, dan itu karena aku telah menghafal Surah Al-Baqarah.” ---
وَأَخْرَجَ ٱلْبَيْهَقِيُّ فِي «ٱلشُّعَبِ» بِسَنَدٍ صَحِيحٍ، عَنِ ٱلصَّلْصَالِ بْنِ ٱلدَّلْهَمَسِ أَنَّ رَسُولَ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
Al-Baihaqi dalam *Syu‘ab al-Īmān* meriwayatkan dengan sanad sahih dari Aṣ-Ṣalṣāl bin Ad-Dalhams, bahwa Rasulullah saw. bersabda:
«ٱقْرَءُوا سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ فِي بُيُوتِكُمْ، وَلَا تَجْعَلُوهَا قُبُورًا».
“Bacalah Surah Al-Baqarah di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian jadikan rumah-rumah itu seperti kuburan.”
قَالَ: «وَمَنْ قَرَأَ سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ، تُوِّجَ بِتَاجٍ فِي ٱلْجَنَّةِ».
Ia (Aṣ-Ṣalṣāl) berkata: “Beliau (juga) bersabda: ‘Barang siapa membaca Surah Al-Baqarah pada suatu malam, ia akan diberi mahkota di surga.’” ---
وَأَخْرَجَ أَبُو عُبَيْدٍ عَنْ عَبَّادِ بْنِ عَبَّادٍ، عَنْ جَرِيرِ بْنِ حَازِمٍ، عَنْ عَمِّهِ جَرِيرِ بْنِ يَزِيدَ:
Abu ‘Ubaid meriwayatkan dari ‘Abbād bin ‘Abbād, dari Jarīr bin Ḥāzim, dari pamannya Jarīr bin Yazīd:
أَنَّ أَشْيَاخَ أَهْلِ ٱلْمَدِينَةِ حَدَّثُوهُ عَنْ رَسُولِ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
bahwa para sesepuh penduduk Madinah menceritakan kepadanya dari Rasulullah saw.:
«قِيلَ لَهُ: أَلَا تَرَىٰ إِلَىٰ ثَابِتِ بْنِ قَيْسِ بْنِ شَمَّاسٍ، لَمْ تَزَلْ دَارُهُ ٱلْبَارِحَةَ تَزْهَرُ مَصَابِيحَ؟»
“Pernah dikatakan kepada beliau: ‘Tidakkah engkau melihat rumah Ṡābit bin Qais bin Syammās? Tadi malam rumahnya terus bercahaya oleh lampu-lampu (cahaya).’”
قَالَ: «فَلَعَلَّهُ قَرَأَ سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ».
Beliau bersabda: “Barangkali ia tadi malam membaca Surah Al-Baqarah.”
قَالَ: فَسُئِلَ ثَابِتٌ، فَقَالَ: قَرَأْتُ سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ».
Lalu Ṡābit ditanya, dan ia menjawab: “Benar, aku tadi malam membaca Surah Al-Baqarah.”
قَالَ ٱبْنُ كَثِيرٍ: وَهٰذَا إِسْنَادٌ جَيِّدٌ، إِلَّا أَنَّ فِيهِ إِبْهَامًا، ثُمَّ هُوَ مُرْسَلٌ.
Ibnu Katsir berkata: “Sanad riwayat ini bagus, hanya saja di dalamnya terdapat perawi yang tidak disebutkan namanya (samar), dan ia berstatus mursal.” ---
وَقَدْ رَوَىٰ أَئِمَّةُ ٱلْحَدِيثِ فِي فَضَائِلِهَا أَحَادِيثَ كَثِيرَةً، وَآثَارًا عَنِ ٱلصَّحَابَةِ وَاسِعَةً،
Para imam hadis telah meriwayatkan banyak hadis tentang keutamaan surah ini, dan atsar-atsar (riwayat) dari para sahabat yang sangat banyak.
وَمِنْ فَضَائِلِهَا مَا هُوَ خَاصٌّ بِآيَةِ ٱلْكُرْسِيِّ، وَمَا هُوَ خَاصٌّ بِخَوَاتِيمِ هٰذِهِ ٱلسُّورَةِ،
Di antara keutamaannya ada yang khusus berkaitan dengan Ayat Kursi, dan ada yang khusus berkaitan dengan penutup surah ini (dua ayat terakhir Al-Baqarah),
وَقَدْ سَبَقَ بَعْضُ ذٰلِكَ،
sebagian dari itu telah disebutkan sebelumnya,
وَمَا هُوَ فِي فَضْلِهَا وَفَضْلِ آلِ عِمْرَانَ، وَقَدْ سَبَقَ أَيْضًا بَعْضٌ مِنْ ذٰلِكَ،
dan (ada pula hadis) yang menyebutkan keutamaan surah ini dan Surah Ali ‘Imrān, sebagian darinya juga telah lewat.
وَمَا هُوَ فِي فَضْلِ ٱلسَّبْعِ ٱلطِّوَالِ،
Dan (juga) hadis tentang keutamaan tujuh surah panjang (as-sab‘uth-thiwāl),
كَمَا أَخْرَجَ أَبُو عُبَيْدٍ عَنْ وَاثِلَةَ بْنِ ٱلْأَسْقَعِ، عَنِ ٱلنَّبِيِّ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu ‘Ubaid dari Wāṯilah bin Al-Asqa‘, dari Nabi saw., beliau bersabda:
«أُعْطِيتُ ٱلسَّبْعَ مَكَانَ ٱلتَّوْرَاةِ، وَأُعْطِيتُ ٱلْمِئِينَ مَكَانَ ٱلْإِنْجِيلِ، وَأُعْطِيتُ ٱلْمَثَانِيَ مَكَانَ ٱلزَّبُورِ، وَفُضِّلْتُ بِٱلْمُفَصَّلِ».
“Aku diberi (tujuh surah) yang panjang sebagai pengganti Taurat; dan aku diberi (surah-surah) yang ayat-ayatnya mencapai seratus (ayat) sebagai pengganti Injil; dan aku diberi (surah-surah) al-Matsānī sebagai pengganti Zabur; dan aku dilebihkan (dianugerahi) dengan surah-surah Al-Mufaṣṣal.”
وَفِي إِسْنَادِهِ سَعِيدُ بْنُ بَشِيرٍ، وَفِيهِ لِينٌ،
Dalam sanad hadis ini terdapat Sa‘īd bin Basyīr, dan pada dirinya terdapat kelemahan (lemah).
وَقَدْ رَوَاهُ بِسَنَدٍ آخَرَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِلَالٍ.
Namun hadis ini juga diriwayatkan melalui sanad lain dari Sa‘īd bin Abī Hilāl. ---
وَأَخْرَجَ أَيْضًا عَنْ عَائِشَةَ، عَنِ ٱلنَّبِيِّ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
Beliau (Abu ‘Ubaid) juga meriwayatkan dari ‘Aisyah, dari Nabi saw., beliau bersabda:
«مَنْ أَخَذَ ٱلسَّبْعَ فَهُوَ خَيْرٌ».
“Barang siapa telah (menguasai/hafal) tujuh (surah panjang), maka ia adalah orang yang baik (utama).”
وَقَدْ رَوَاهُ عَنْهَا أَحْمَدُ فِي «ٱلْمُسْنَدِ» بِلَفْظِ: «أَنَّ رَسُولَ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ أَخَذَ ٱلسَّبْعَ ٱلْأُوَلَ مِنَ ٱلْقُرْآنِ فَهُوَ خَيْرٌ».
Ahmad meriwayatkan dari ‘Aisyah dalam *Al-Musnad* dengan lafaz: “Bahwa Rasulullah saw. bersabda: ‘Barang siapa telah (menguasai) tujuh surah pertama dari Al-Qur’an, maka ia adalah orang yang baik (utama).’” ---
وَأَخْرَجَ أَبُو عُبَيْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ فِي قَوْلِهِ تَعَالَىٰ: ﴿وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِّنَ ٱلْمَثَانِي﴾ «١»، قَالَ:
Abu ‘Ubaid meriwayatkan dari Sa‘īd bin Jubair tentang firman-Nya Ta‘ala: “Dan sungguh Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang berulang-ulang” (Al-Ḥijr: 87), ia berkata:
هِيَ ٱلسَّبْعُ ٱلطِّوَالُ: ٱلْبَقَرَةُ، وَآلُ عِمْرَانَ، وَٱلنِّسَاءُ، وَٱلْمَائِدَةُ، وَٱلْأَنْعَامُ، وَٱلْأَعْرَافُ، وَيُونُسُ.
“Itu adalah tujuh surah yang panjang: Al-Baqarah, Ali ‘Imrān, An-Nisā’, Al-Mā’idah, Al-An‘ām, Al-A‘rāf, dan Yūnus.”
وَبِذٰلِكَ قَالَ مُجَاهِدٌ وَمَكْحُولٌ وَعَطِيَّةُ بْنُ قَيْسٍ وَأَبُو مُحَمَّدٍ ٱلْقَارِئُ شَدَّادُ بْنُ عَبْدِ ٱللَّهِ وَيَحْيَىٰ بْنُ ٱلْحَارِثِ ٱلذِّمَارِيُّ.
Pendapat ini juga dikemukakan oleh Mujāhid, Makḥūl, ‘Aṭiyyah bin Qais, Abu Muḥammad Al-Qārī (Syaddād bin ‘Abdillah), dan Yaḥyā bin Al-Ḥāriṯ Adz-Dzimārī.
(١) ٱلْحِجْرُ: ٨٧.
(1) Al-Ḥijr: 87.
فَتْحُ ٱلْقَدِيرِ لِلشَّوْكَانِيِّ - ج ١ (ص: ٣٤)
*Fatḥ al-Qadīr* karya Asy-Syaukānī – Jilid 1 (hlm. 34). ---
وَقَدْ وَرَدَ مَا يَدُلُّ عَلَىٰ كَرَاهَةِ أَنْ يَقُولَ ٱلْقَائِلُ: «سُورَةُ ٱلْبَقَرَةِ»، وَلَا «سُورَةُ آلِ عِمْرَانَ»، وَلَا «سُورَةُ ٱلنِّسَاءِ»، وَكَذَا ٱلْقُرْآنُ كُلُّهُ.
Telah datang riwayat yang menunjukkan adanya kemakruhan seseorang berkata “Surah Al-Baqarah”, atau “Surah Ali ‘Imrān”, atau “Surah An-Nisā’”, demikian pula pada (penyebutan) seluruh surah Al-Qur’an.
فَأَخْرَجَ ٱبْنُ ٱلضُّرَيْسِ وَٱلطَّبَرَانِيُّ فِي «ٱلْأَوْسَطِ» وَٱبْنُ مَرْدَوَيْهِ وَٱلْبَيْهَقِيُّ فِي «ٱلشُّعَبِ»، بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ:
Ibnu aḍ-Ḍurais, Ath-Ṭabarani dalam *Al-Awsaṭ*, Ibnu Mardawaih dan Al-Baihaqi dalam *As-Syu‘ab* meriwayatkan dengan sanad lemah dari Anas, ia berkata:
قَالَ رَسُولُ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
Rasulullah saw. bersabda:
«لَا تَقُولُوا سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ، وَلَا سُورَةَ آلِ عِمْرَانَ، وَلَا سُورَةَ ٱلنِّسَاءِ، وَكَذَا ٱلْقُرْآنُ كُلُّهُ، وَلَٰكِنْ قُولُوا: ٱلسُّورَةُ ٱلَّتِي تُذْكَرُ فِيهَا ٱلْبَقَرَةُ، وَٱلسُّورَةُ ٱلَّتِي يُذْكَرُ فِيهَا آلُ عِمْرَانَ، وَكَذَا ٱلْقُرْآنُ كُلُّهُ».
“Janganlah kalian mengatakan ‘Surah Al-Baqarah’, ‘Surah Ali ‘Imrān’, atau ‘Surah An-Nisā’—demikian pula (untuk) seluruh surah Al-Qur’an—akan tetapi katakanlah: ‘Surah yang di dalamnya disebut kisah sapi betina,’ ‘Surah yang di dalamnya disebut (kisah) Ali ‘Imrān,’ demikian pula untuk seluruh (surah) Al-Qur’an.”
قَالَ ٱبْنُ كَثِيرٍ: هٰذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ، لَا يَصِحُّ رَفْعُهُ،
Ibnu Katsir berkata: “Hadis ini gharib (asing), dan tidak sah disandarkan (secara marfū‘) kepada Nabi,
وَفِي إِسْنَادِهِ يَحْيَىٰ بْنُ مَيْمُونٍ ٱلْخَوَّاصُّ، وَهُوَ ضَعِيفُ ٱلرِّوَايَةِ لَا يُحْتَجُّ بِهِ».
karena dalam sanadnya terdapat Yaḥyā bin Maimūn Al-Khawwāṣ, dan ia lemah dalam periwayatan, tidak dapat dijadikan hujjah.” ---
وَأَخْرَجَ ٱلْبَيْهَقِيُّ فِي «ٱلشُّعَبِ» بِسَنَدٍ صَحِيحٍ عَنِ ٱبْنِ عُمَرَ قَالَ:
Al-Baihaqi dalam *As-Syu‘ab* meriwayatkan dengan sanad sahih dari Ibnu ‘Umar, ia berkata:
«لَا تَقُولُوا سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ، وَلَٰكِنْ قُولُوا: ٱلسُّورَةُ ٱلَّتِي تُذْكَرُ فِيهَا ٱلْبَقَرَةُ».
“Janganlah kalian mengatakan ‘Surah Al-Baqarah’, tetapi katakanlah ‘Surah yang di dalamnya disebut (kisah) sapi betina.’”
وَقَدْ رُوِيَ عَنْ جَمَاعَةٍ مِنَ ٱلصَّحَابَةِ خِلَافُ هٰذَا.
Namun dari sekelompok sahabat diriwayatkan pendapat yang berbeda dengan hal ini.
فَثَبَتَ فِي «ٱلصَّحِيحَيْنِ» عَنِ ٱبْنِ مَسْعُودٍ أَنَّهُ رَمَى ٱلْجَمْرَةَ مِنْ بَطْنِ ٱلْوَادِي، فَجَعَلَ ٱلْبَيْتَ عَنْ يَسَارِهِ، وَمِنًى عَنْ يَمِينِهِ، ثُمَّ قَالَ:
Telah tetap (sahih) dalam dua kitab *Ṣaḥīḥ* (Al-Bukhari dan Muslim) dari Ibnu Mas‘ud, bahwa ia melempar jumrah dari tengah lembah, lalu menjadikan Ka‘bah di sebelah kirinya dan Mina di sebelah kanannya, kemudian ia berkata:
«هٰذَا مَقَامُ ٱلَّذِي أُنْزِلَتْ عَلَيْهِ سُورَةُ ٱلْبَقَرَةِ».
“Inilah tempat berdiri orang yang telah diturunkan kepadanya Surah Al-Baqarah.” ---
وَأَخْرَجَ ٱبْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَحْمَدُ وَمُسْلِمٌ وَأَهْلُ ٱلسُّنَنِ وَٱلْحَاكِمُ وَصَحَّحَهُ، عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ:
Ibnu Abi Syaibah, Ahmad, Muslim, para penulis Sunan, dan Al-Ḥakim (yang mensahihkannya) meriwayatkan dari Ḥużaifah, ia berkata:
«صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً مِنْ رَمَضَانَ، فَٱفْتَتَحَ ٱلْبَقَرَةَ،
“Aku pernah salat (malam) bersama Rasulullah saw. pada suatu malam di bulan Ramadan, lalu beliau membuka (bacaan) dengan Surah Al-Baqarah;
فَقُلْتُ: يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ،
maka aku berkata (dalam hati): ‘Beliau akan salat dengan surah ini dalam satu rakaat.’
ثُمَّ ٱفْتَتَحَ ٱلنِّسَاءَ فَقَرَأَهَا، ثُمَّ ٱفْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا، مُتَرَسِّلًا».
Kemudian beliau membuka (membaca) Surah An-Nisā’ dan membacanya, lalu membuka Surah Ali ‘Imrān dan membacanya, dengan bacaan yang perlahan dan tartīl.”
ٱلْحَدِيثَ.
(Demikian kelanjutan hadisnya). ---
وَأَخْرَجَ أَحْمَدُ وَٱبْنُ ٱلضُّرَيْسِ وَٱلْبَيْهَقِيُّ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ:
Ahmad, Ibnu aḍ-Ḍurais dan Al-Baihaqi meriwayatkan dari ‘Aisyah, ia berkata:
«كُنْتُ أَقُومُ مَعَ رَسُولِ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي ٱلَّيْلِ، فَيَقْرَأُ بِٱلْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَٱلنِّسَاءِ».
“Aku biasa berdiri (salat malam) bersama Rasulullah saw. pada malam hari, lalu beliau membaca (dalam salat itu) Surah Al-Baqarah, Ali ‘Imrān, dan An-Nisā’.” ---
وَأَخْرَجَ أَبُو دَاوُدَ وَٱلتِّرْمِذِيُّ فِي «ٱلشَّمَائِلِ» وَٱلنَّسَائِيُّ وَٱلْبَيْهَقِيُّ عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ ٱلْأَشْجَعِيِّ قَالَ:
Abu Dāwud, At-Tirmidzi dalam *Ash-Syamā’il*, An-Nasā’i dan Al-Baihaqi meriwayatkan dari ‘Auf bin Mālik Al-Asyja‘ī, ia berkata:
«قُمْتُ مَعَ رَسُولِ ٱللَّهِ صَلَّى ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً، فَقَامَ فَقَرَأَ سُورَةَ ٱلْبَقَرَةِ، لَا يَمُرُّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ إِلَّا وَقَفَ».
“Aku pernah salat malam bersama Rasulullah saw. pada suatu malam; beliau berdiri lalu membaca Surah Al-Baqarah; setiap kali melewati ayat rahmat, beliau berhenti (berdoa).”
ٱلْحَدِيثَ.
(Demikian kelanjutan hadisnya).

Postingan populer dari blog ini

Biografi Pengarang

Pendahuluan Surat al Fatihah

Al fatihah Ayat 2-7