Pendahuluan Surat al Fatihah
سُورَةُ الْفَاتِحَةِ
Surah Al-Fatihah. ---
مَعْنَى الْفَاتِحَةِ فِي الْأَصْلِ أَوَّلُ مَا مِنْ شَأْنِهِ أَنْ يُفْتَتَحَ بِهِ،
Makna kata *Al-Fatihah* pada asalnya adalah: sesuatu yang pertama kali pantas dijadikan pembuka.
ثُمَّ أُطْلِقَتْ عَلَى أَوَّلِ كُلِّ شَيْءٍ كَالْكَلَامِ،
Kemudian istilah ini digunakan untuk menyebut bagian pertama dari setiap sesuatu, seperti permulaan suatu ucapan.
وَالتَّاءُ لِلنَّقْلِ مِنَ الْوَصْفِيَّةِ إِلَى الِاسْمِيَّةِ،
Huruf *tā’* pada kata *Al-Fātiḥah* berfungsi memindahkan makna dari sifat menjadi nama.
فَسُمِّيَتْ هَذِهِ السُّورَةُ «فَاتِحَةَ الْكِتَابِ» لِكَوْنِهِ افْتُتِحَ بِهَا،
Maka surah ini dinamakan *Fātiḥat al-Kitāb* (Pembuka Kitab) karena Al-Qur’an dibuka dengannya.
إِذْ هِيَ أَوَّلُ مَا يَكْتُبُهُ الْكَاتِبُ مِنَ الْمُصْحَفِ،
Karena ia adalah bagian pertama yang ditulis oleh penyalin mushaf.
وَأَوَّلُ مَا يَتْلُوهُ التَّالِي مِنَ الْكِتَابِ الْعَزِيزِ،
Dan bagian pertama yang dibaca oleh pembaca dari Kitab yang mulia ini.
وَإِنْ لَمْ تَكُنْ أَوَّلَ مَا نَزَلَ مِنَ الْقُرْآنِ.
Meskipun ia bukan bagian Al-Qur’an yang pertama kali diturunkan.
وَقَدِ اشْتَهَرَتْ هَذِهِ السُّورَةُ الشَّرِيفَةُ بِهَذَا الِاسْمِ فِي أَيَّامِ النُّبُوَّةِ.
Surah yang mulia ini telah masyhur dengan nama tersebut sejak masa kenabian.
قِيلَ: هِيَ مَكِّيَّةٌ، وَقِيلَ: مَدَنِيَّةٌ.
Ada yang berpendapat: surah ini Makkiyyah (turun di Makkah), dan ada yang berpendapat: Madaniyyah (turun di Madinah).
---
وَقَدْ أَخْرَجَ الْوَاحِدِيُّ فِي أَسْبَابِ النُّزُولِ، وَالثَّعْلَبِيُّ فِي تَفْسِيرِهِ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ:
Al-Wāḥidī telah meriwayatkan dalam kitab *Asbāb an-Nuzūl*, dan ats-Tsa‘labī dalam tafsirnya, dari ‘Alī r.a. bahwa ia berkata:
نَزَلَتْ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ بِمَكَّةَ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ الْعَرْشِ.
“Fātiḥat al-Kitāb diturunkan di Makkah dari sebuah perbendaharaan (simpanan) di bawah ‘Arsy.”
---
وَأَخْرَجَ ابْنُ أَبِي شَيْبَةَ فِي الْمُصَنَّفِ، وَأَبُو نُعَيْمٍ وَالْبَيْهَقِيُّ كِلَاهُمَا فِي دَلَائِلِ النُّبُوَّةِ، وَالثَّعْلَبِيُّ وَالْوَاحِدِيُّ مِنْ حَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُرَحْبِيلَ:
Ibnu Abī Syaibah meriwayatkan dalam *al-Muṣannaf*, dan Abū Nu‘aim serta al-Baihaqī, keduanya dalam kitab *Dalā’il an-Nubuwwah*, juga ats-Tsa‘labī dan al-Wāḥidī, dari hadis ‘Amr bin Syuraḥbīl:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا شَكَا إِلَى خَدِيجَةَ مَا يَجِدُهُ عِنْدَ أَوَائِلِ الْوَحْيِ،
Bahwa ketika Rasulullah saw. mengadukan kepada Khadījah apa yang beliau rasakan pada permulaan turunnya wahyu,
فَذَهَبَتْ بِهِ إِلَى وَرَقَةَ،
maka Khadījah membawanya kepada Waraqah (bin Nawfal),
فَأَخْبَرَهُ فَقَالَ لَهُ:
lalu Rasulullah menceritakan (keadaannya) kepadanya, Rasulullah berkata kepadanya:
إِذَا خَلَوْتُ وَحْدِي سَمِعْتُ نِدَاءً خَلْفِي: يَا مُحَمَّدُ، يَا مُحَمَّدُ، يَا مُحَمَّدُ!
“Ketika aku menyendiri, aku mendengar panggilan dari belakangku: ‘Wahai Muhammad, wahai Muhammad, wahai Muhammad!’
فَأَنْطَلِقُ هَارِبًا فِي الْأَرْضِ.
Maka aku lari ketakutan di bumi.”
فَقَالَ: «لَا تَفْعَلْ، إِذَا أَتَاكَ فَاثْبُتْ حَتَّى تَسْمَعَ مَا يَقُولُ، ثُمَّ ائْتِنِي فَأَخْبِرْنِي».
Lalu Waraqah berkata, “Jangan engkau lakukan itu. Jika ia datang kepadamu, tetaplah (di tempatmu) hingga engkau mendengar apa yang ia katakan, kemudian datanglah kepadaku dan beritahukan kepadaku.”
فَلَمَّا خَلَا نَادَاهُ: «يَا مُحَمَّدُ! قُلْ: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ»، حَتَّى بَلَغَ: «وَلَا الضَّالِّينَ».
Ketika beliau sedang menyendiri, (malaikat itu) memanggilnya: “Wahai Muhammad, ucapkanlah: *Bismillāhir-Raḥmānir-Raḥīm*,” hingga sampai pada ayat: *wa lā ḍ-ḍāllīn*.
الْحَدِيثَ.
(Demikian ringkasan hadisnya.)
---
وَأَخْرَجَ أَبُو نُعَيْمٍ فِي الدَّلَائِلِ عَنْ رَجُلٍ مِنْ بَنِي سَلَمَةَ قَالَ:
Abū Nu‘aim meriwayatkan dalam *Dalā’il* dari seorang laki-laki dari Banī Salamah, ia berkata:
لَمَّا أَسْلَمَ فِتْيَانُ بَنِي سَلَمَةَ، وَأَسْلَمَ وَلَدُ عَمْرِو بْنِ الْجَمُوحِ،
Ketika para pemuda Banī Salamah masuk Islam, dan anak-anak ‘Amr bin al-Jamūḥ juga masuk Islam,
قَالَتِ امْرَأَةُ عَمْرٍو لَهُ: هَلْ لَكَ أَنْ تَسْمَعَ مِنِ ابْنِكَ مَا رُوِيَ عَنْهُ؟
istri ‘Amr berkata kepadanya, “Maukah engkau mendengar dari putramu apa yang dinukil darinya?”
فَسَأَلَهُ فَقَرَأَ عَلَيْهِ: «الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ»،
Maka ia pun bertanya kepada putranya, lalu putranya membacakan kepadanya: *Al-ḥamdu lillāhi Rabbil-‘ālamīn*.
وَكَانَ ذَلِكَ قَبْلَ الْهِجْرَةِ.
Dan kejadian itu terjadi sebelum hijrah.
---
وَأَخْرَجَ أَبُو بَكْرِ بْنُ الْأَنْبَارِيِّ فِي الْمَصَاحِفِ عَنْ عُبَادَةَ قَالَ:
Abū Bakar ibn al-Anbārī meriwayatkan dalam *al-Maṣāḥif* dari ‘Ubādah, ia berkata:
فَاتِحَةُ الْكِتَابِ نَزَلَتْ بِمَكَّةَ.
“Fātiḥat al-Kitāb diturunkan di Makkah.”
---
فَهَذَا جُمْلَةُ مَا اسْتَدَلَّ بِهِ مَنْ قَالَ إِنَّهَا نَزَلَتْ بِمَكَّةَ.
Itulah rangkuman dalil yang dijadikan sandaran oleh pihak yang berpendapat bahwa surah ini diturunkan di Makkah.
---
وَاسْتَدَلَّ مَنْ قَالَ إِنَّهَا نَزَلَتْ بِالْمَدِينَةِ بِمَا أَخْرَجَهُ ابْنُ أَبِي شَيْبَةَ فِي الْمُصَنَّفِ، وَأَبُو سَعِيدِ بْنُ الْأَعْرَابِيِّ فِي مُعْجَمِهِ، وَالطَّبَرَانِيُّ فِي الْأَوْسَطِ مِنْ طَرِيقِ مُجَاهِدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ:
Adapun pihak yang berpendapat bahwa surah ini diturunkan di Madinah, mereka berdalil dengan riwayat yang dikeluarkan oleh Ibnu Abī Syaibah dalam *al-Muṣannaf*, Abū Sa‘īd ibn al-A‘rābī dalam *al-Mu‘jam*-nya, dan ath-Ṭabarānī dalam *al-Mu‘jam al-Awsaṭ*, dari jalur Mujāhid dari Abū Hurairah:
رَنَّ إِبْلِيسُ حِينَ أُنْزِلَتْ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ، وَأُنْزِلَتْ بِالْمَدِينَةِ.
“Iblis menjerit ketika Fātiḥat al-Kitāb diturunkan, dan (surah ini) diturunkan di Madinah.”
---
وَأَخْرَجَ ابْنُ أَبِي شَيْبَةَ فِي الْمُصَنَّفِ، وَعَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ، وَابْنُ الْمُنْذِرِ، وَأَبُو نُعَيْمٍ فِي الْحِلْيَةِ وَغَيْرُهُمْ مِنْ طُرُقٍ عَنْ مُجَاهِدٍ قَالَ:
Ibnu Abī Syaibah dalam *al-Muṣannaf*, ‘Abd bin Ḥumaid, Ibnu al-Mundzir, dan Abū Nu‘aim dalam *al-Ḥilyah* serta yang lainnya, dari berbagai jalur dari Mujāhid, meriwayatkan bahwa ia berkata:
نَزَلَتْ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ بِالْمَدِينَةِ.
“Fātiḥat al-Kitāb diturunkan di Madinah.”
وَقِيلَ إِنَّهَا نَزَلَتْ مَرَّتَيْنِ: مَرَّةً بِمَكَّةَ، وَمَرَّةً بِالْمَدِينَةِ، جَمْعًا بَيْنَ هَذِهِ الرِّوَايَاتِ.
Ada juga yang berpendapat bahwa surah ini diturunkan dua kali: sekali di Makkah dan sekali di Madinah, sebagai bentuk kompromi antara riwayat-riwayat ini.
---
وَتُسَمَّى «أُمَّ الْكِتَابِ».
Surah ini juga dinamakan *Umm al-Kitāb* (Induk Kitab).
قَالَ الْبُخَارِيُّ فِي أَوَّلِ التَّفْسِيرِ:
Al-Bukhārī berkata dalam permulaan (Kitab) Tafsir:
وَسُمِّيَتْ أُمَّ الْكِتَابِ لِأَنَّهُ يُبْدَأُ بِكِتَابَتِهَا فِي الْمَصَاحِفِ، وَيُبْدَأُ بِقِرَاءَتِهَا فِي الصَّلَاةِ.
“Surah ini dinamakan *Umm al-Kitāb* karena penulisan mushaf dimulai dengannya, dan bacaan dalam salat juga dimulai dengannya.”
---
وَأَخْرَجَ ابْنُ الضُّرَيْسِ فِي فَضَائِلِ الْقُرْآنِ عَنِ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ:
Ibnu aḍ-Ḍurays meriwayatkan dalam *Faḍā’il al-Qur’ān* dari Ayyūb, dari Muḥammad bin Sīrīn:
أَنَّهُ كَانَ يَكْرَهُ أَنْ يَقُولَ: أُمُّ الْكِتَابِ، وَيَقُولُ: قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: «وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ»،
bahwa ia tidak menyukai penyebutan istilah *Umm al-Kitāb* untuk surah ini dan ia berkata: “Allah Ta‘ālā berfirman: *wa ‘indahu Ummul-Kitāb*,”
وَلَكِنْ يَقُولُ: فَاتِحَةُ الْكِتَابِ.
“Namun (untuk surah ini) hendaknya dikatakan: *Fātiḥat al-Kitāb*.”
وَيُقَالُ لَهَا «الْفَاتِحَةُ» لِأَنَّهَا يُفْتَتَحُ بِهَا الْقِرَاءَةُ،
Surah ini disebut *Al-Fātiḥah* karena bacaan (Al-Qur’an) dibuka dengannya.
وَافْتَتَحَتِ الصَّحَابَةُ بِهَا كِتَابَةَ الْمُصْحَفِ الْإِمَامِ.
Dan para sahabat memulai penulisan mushaf imam (mushaf utama) dengan surah ini.
قَالَ ابْنُ كَثِيرٍ فِي تَفْسِيرِهِ:
Ibnu Katsīr berkata dalam tafsirnya:
وَصَحَّ تَسْمِيَتُهَا بِالسَّبْعِ الْمَثَانِي.
Penamaan surah ini dengan *as-Sab‘ul-Matsānī* (tujuh ayat yang diulang-ulang) adalah penamaan yang sah (benar).
قَالُوا: لِأَنَّهَا تُثَنَّى فِي الصَّلَاةِ فَتُقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ.
Mereka (para ulama) berkata: “Karena surah ini diulang dalam salat, dibaca pada setiap rakaat.”
وَأَخْرَجَ أَحْمَدُ مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
Imam Aḥmad meriwayatkan dari hadis Abū Hurairah, dari Nabi saw., beliau bersabda:
أُمُّ الْقُرْآنِ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي، وَهِيَ الْقُرْآنُ الْعَظِيمُ
“Ummul-Qur’ān itu adalah as-Sab‘ul-Matsānī, dan ia adalah Al-Qur’an yang agung.”
---
وَأَخْرَجَ ابْنُ جَرِيرٍ فِي تَفْسِيرِهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَيْضًا، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
Ibnu Jarīr meriwayatkan dalam tafsirnya dari Abū Hurairah juga, dari Rasulullah saw., beliau bersabda:
هِيَ أُمُّ الْقُرْآنِ، وَهِيَ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي
“Ia adalah Ummul-Qur’ān, ia adalah Fātiḥat al-Kitāb, dan ia adalah as-Sab‘ul-Matsānī.”
وَأَخْرَجَ نَحْوَهُ ابْنُ مَرْدَوَيْهِ فِي تَفْسِيرِهِ، وَالدَّارَقُطْنِيُّ مِنْ حَدِيثِهِ، وَقَالَ: كُلُّهُمْ ثِقَاتٌ.
Riwayat semisal ini dikeluarkan oleh Ibnu Mardawaih dalam tafsirnya, dan oleh ad-Dāraquṭnī dari hadis tersebut, dan ia berkata: “Para perawinya semuanya tsiqah (terpercaya).”
وَرَوَى الْبَيْهَقِيُّ عَنْ عَلِيٍّ، وَابْنِ عَبَّاسٍ، وَأَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُمْ فَسَّرُوا قَوْلَهُ تَعَالَى: «سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي» بِالْفَاتِحَةِ.
Al-Baihaqī meriwayatkan dari ‘Alī, Ibnu ‘Abbās, dan Abū Hurairah, bahwa mereka menafsirkan firman Allah Ta‘ālā: *sab‘an mina al-matsānī* dengan (surah) Al-Fātiḥah.
---
وَمِنْ جُمْلَةِ أَسْمَائِهَا، كَمَا حَكَاهُ فِي الْكَشَّافِ: سُورَةُ الْكَنْزِ، وَالْوَافِيَةُ، وَسُورَةُ الْحَمْدِ، وَسُورَةُ الصَّلَاةِ.
Di antara nama-nama lainnya, sebagaimana dikemukakan dalam *al-Kasysyāf*, adalah: *Surat al-Kanz* (Surah Simpanan), *al-Wāfiyah* (yang sempurna), *Surat al-Ḥamd* (Surah Pujian), dan *Surat aṣ-Ṣalāh* (Surah Salat).
وَقَدْ أَخْرَجَ الثَّعْلَبِيُّ أَنَّ سُفْيَانَ بْنَ عُيَيْنَةَ كَانَ يُسَمِّي فَاتِحَةَ الْكِتَابِ: الْوَافِيَةَ.
Ats-Tsa‘labī meriwayatkan bahwa Sufyān bin ‘Uyainah biasa menamakan Fātiḥat al-Kitāb dengan *al-Wāfiyah*.
وَأَخْرَجَ الثَّعْلَبِيُّ أَيْضًا عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ:
Ats-Tsa‘labī juga meriwayatkan dari ‘Abdullāh bin Yaḥyā bin Abī Kaṡīr:
أَنَّهُ سَأَلَهُ سَائِلٌ عَنْ قِرَاءَةِ الْفَاتِحَةِ خَلْفَ الْإِمَامِ، فَقَالَ: عَنِ «الْكَافِيَةِ» تَسْأَلُ؟
Bahwa seseorang bertanya kepadanya tentang membaca Al-Fātiḥah di belakang imam, maka ia berkata, “Engkau bertanya tentang *al-Kāfiyah*?”
قَالَ السَّائِلُ: وَمَا الْكَافِيَةُ؟
Orang yang bertanya itu berkata, “Apakah *al-Kāfiyah* itu?”
قَالَ: «الْفَاتِحَةُ، أَمَا عَلِمْتَ أَنَّهَا تَكْفِي عَنْ سِوَاهَا، وَلَا يَكْفِي سِوَاهَا عَنْهَا؟».
Ia menjawab, “(Itulah) Al-Fātiḥah. Tidakkah engkau tahu bahwa ia mencukupi (menggantikan) selainnya, sementara selainnya tidak dapat mencukupinya (menggantikan Al-Fātiḥah)?”
---
وَأَخْرَجَ أَيْضًا عَنِ الشَّعْبِيِّ:
Ia juga meriwayatkan dari asy-Sya‘bī:
أَنَّ رَجُلًا اشْتَكَى إِلَيْهِ وَجَعَ الْخَاصِرَةِ، فَقَالَ: عَلَيْكَ بِأَسَاسِ الْقُرْآنِ.
Bahwa seorang laki-laki mengadu kepadanya tentang sakit pinggang, maka ia berkata: “Hendaknya engkau (membaca) dasar Al-Qur’an.”
قَالَ: وَمَا أَسَاسُ الْقُرْآنِ؟
Laki-laki itu bertanya, “Apakah dasar Al-Qur’an itu?”
قَالَ: فَاتِحَةُ الْكِتَابِ.
Ia menjawab, “Fātiḥat al-Kitāb.”
---
وَأَخْرَجَ الْبَيْهَقِيُّ فِي الشُّعَبِ عَنْ أَنَسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
Al-Baihaqī meriwayatkan dalam *Syu‘ab al-Īmān* dari Anas, dari Nabi saw., beliau bersabda:
إِنَّ اللَّهَ أَعْطَانِي فِيمَا مَنَّ بِهِ عَلَيَّ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ، وَقَالَ: هِيَ مِنْ كُنُوزِ عَرْشِي
“Sesungguhnya Allah telah memberiku—sebagai bagian dari karunia-Nya kepadaku—Fātiḥat al-Kitāb, dan Dia berfirman: ‘Ia termasuk dari khazanah-khazanah Arsy-Ku.’”
وَأَخْرَجَ إِسْحَاقُ بْنُ رَاهَوَيْهِ فِي مُسْنَدِهِ عَنْ عَلِيٍّ نَحْوَهُ مَرْفُوعًا.
Isḥāq bin Rāhuyah juga meriwayatkan dalam *Musnad*-nya dari ‘Alī, dengan makna yang serupa, secara marfū‘ (sampai kepada Nabi).
وَقَدْ ذَكَرَ الْقُرْطُبِيُّ فِي تَفْسِيرِهِ لِلْفَاتِحَةِ اثْنَيْ عَشَرَ اسْمًا.
Al-Qurṭubī menyebutkan dalam tafsirnya atas Al-Fātiḥah, ada dua belas nama bagi surah ini.
---
وَهِيَ سَبْعُ آيَاتٍ بِلَا خِلَافٍ، كَمَا حَكَاهُ ابْنُ كَثِيرٍ فِي تَفْسِيرِهِ.
Surah ini terdiri dari tujuh ayat tanpa ada perbedaan pendapat, sebagaimana dinukil oleh Ibnu Katsīr dalam tafsirnya.
وَقَالَ الْقُرْطُبِيُّ: أَجْمَعَتِ الْأُمَّةُ عَلَى أَنَّ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ سَبْعُ آيَاتٍ،
Al-Qurṭubī berkata: “Umat telah sepakat bahwa Fātiḥat al-Kitāb terdiri dari tujuh ayat,
إِلَّا مَا رُوِيَ عَنْ حُسَيْنٍ الْجُعْفِيِّ أَنَّهَا سِتٌّ، وَهُوَ شَاذٌّ.
kecuali riwayat dari Ḥusain al-Ju‘fī yang mengatakan bahwa ia enam ayat, dan ini pendapat yang ganjil.”
وَإِلَّا مَا رُوِيَ عَنْ عَمْرِو بْنِ عُبَيْدٍ أَنَّهُ جَعَلَ «إِيَّاكَ نَعْبُدُ» آيَةً، فَهِيَ عِنْدَهُ ثَمَانٍ، وَهُوَ شَاذٌّ.
“Dan juga riwayat dari ‘Amr bin ‘Ubaid yang menjadikan *iyyāka na‘budu* sebagai satu ayat tersendiri, sehingga jumlahnya menurutnya delapan ayat, dan ini juga pendapat yang ganjil.”
انْتَهَى.
Selesai (kutipan).
وَإِنَّمَا اخْتَلَفُوا فِي الْبَسْمَلَةِ كَمَا سَيَأْتِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ.
Perbedaan pendapat itu hanya terjadi dalam (status) Basmalah, sebagaimana akan dijelaskan—insya Allah.
وَقَدْ أَخْرَجَ عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ نَصْرٍ فِي كِتَابِ الصَّلَاةِ، وَابْنُ الْأَنْبَارِيِّ فِي الْمَصَاحِفِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ:
‘Abd bin Ḥumaid dan Muḥammad bin Naṣr dalam *Kitāb aṣ-Ṣalāh*, serta Ibnu al-Anbārī dalam *al-Maṣāḥif*, meriwayatkan dari Muḥammad bin Sīrīn:
أَنَّ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ وَعُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ كَانَا يَكْتُبَانِ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ، وَلَمْ يَكْتُبِ ابْنُ مَسْعُودٍ شَيْئًا مِنْهُنَّ.
bahwa Ubayy bin Ka‘b dan ‘Uṡmān bin ‘Affān dulu menuliskan Fātiḥat al-Kitāb dan dua surah al-Mu‘awwidzatain, sedangkan Ibnu Mas‘ūd tidak menuliskan sesuatu pun dari ketiganya.
---
وَأَخْرَجَ عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ قَالَ:
‘Abd bin Ḥumaid meriwayatkan dari Ibrāhīm, ia berkata:
كَانَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ لَا يَكْتُبُ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ فِي الْمُصْحَفِ،
“‘Abdullāh bin Mas‘ūd tidak menuliskan Fātiḥat al-Kitāb di dalam mushaf.”
وَقَالَ: لَوْ كَتَبْتُهَا لَكَتَبْتُ فِي أَوَّلِ كُلِّ شَيْءٍ.
Dan ia berkata, “Kalau aku menuliskannya (di mushaf), tentu aku akan menuliskannya di awal setiap sesuatu.”
---
وَقَدْ وَرَدَ فِي فَضْلِ هَذِهِ السُّورَةِ أَحَادِيثُ،
Tentang keutamaan surah ini telah datang beberapa hadis.
مِنْهَا: مَا أَخْرَجَهُ الْبُخَارِيُّ وَأَحْمَدُ وَأَبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائِيُّ مِنْ حَدِيثِ أَبِي سَعِيدِ بْنِ الْمُعَلَّى:
Di antaranya: hadis yang diriwayatkan oleh al-Bukhārī, Aḥmad, Abū Dāwud dan an-Nasā’ī, dari Abū Sa‘īd bin al-Mu‘allā:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُ:
bahwa Rasulullah saw. bersabda kepadanya:
«لَأُعَلِّمَنَّكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ تَخْرُجَ مِنَ الْمَسْجِدِ».
“Akan kuajarkan kepadamu surah yang paling agung dalam Al-Qur’an sebelum engkau keluar dari masjid.”
قَالَ: فَأَخَذَ بِيَدِي،
Ia berkata: Lalu beliau memegang tanganku,
فَلَمَّا أَرَادَ أَنْ يَخْرُجَ مِنَ الْمَسْجِدِ قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ! إِنَّكَ قُلْتَ: لَأُعَلِّمَنَّكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ.
Ketika beliau hendak keluar dari masjid, aku berkata, “Wahai Rasulullah, sungguh engkau telah bersabda: Akan kuajarkan kepadamu surah yang paling agung dalam Al-Qur’an.”
قَالَ: «نَعَمْ، الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، هِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي، وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِي أُوتِيتُهُ».
Beliau bersabda, “Benar, (yaitu) *Al-ḥamdu lillāhi Rabbil-‘ālamīn*. Itulah as-Sab‘ul-Matsānī dan Al-Qur’an yang agung yang diberikan kepadaku.”
---
وَأَخْرَجَ أَحْمَدُ وَالتِّرْمِذِيُّ، وَصَحَّحَهُ، مِنْ حَدِيثِ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ:
Aḥmad dan at-Tirmiżī (yang mensahihkannya) meriwayatkan dari hadis Ubayy bin Ka‘b:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُ:
bahwa Nabi saw. bersabda kepadanya:
أَتُحِبُّ أَنْ أُعَلِّمَكَ سُورَةً لَمْ يَنْزِلْ فِي التَّوْرَاةِ، وَلَا فِي الْإِنْجِيلِ، وَلَا فِي الزَّبُورِ، وَلَا فِي الْفُرْقَانِ مِثْلُهَا؟
“Sukakah engkau aku ajarkan sebuah surah yang tidak pernah diturunkan dalam Taurat, tidak pula dalam Injil, tidak pula dalam Zabur, dan tidak pula dalam Furqan (Al-Qur’an) sesuatu yang semisal dengannya?”
ثُمَّ أَخْبَرَهُ أَنَّهَا الْفَاتِحَةُ.
Kemudian beliau memberitahukan kepadanya bahwa surah itu adalah Al-Fātiḥah.
---
وَأَخْرَجَهُ النَّسَائِيُّ،
Hadis itu juga diriwayatkan oleh an-Nasā’ī.
وَأَخْرَجَ أَحْمَدُ فِي الْمُسْنَدِ مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جَابِرٍ:
Aḥmad meriwayatkan dalam *al-Musnad* dari hadis ‘Abdullāh bin Jābir:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُ:
bahwa Rasulullah saw. bersabda kepadanya:
أَلَا أُخْبِرُكَ بِأَخْيَرِ سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ؟
“Maukah engkau aku beritahu surah yang paling utama dalam Al-Qur’an?”
قُلْتُ: بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ!
Ia berkata, “Tentu, wahai Rasulullah!”
قَالَ: «اقْرَأِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، حَتَّى تَخْتِمَهَا».
Beliau bersabda, “Bacalah *Al-ḥamdu lillāhi Rabbil-‘ālamīn* hingga engkau mengakhirinya.”
وَفِي إِسْنَادِهِ ابْنُ عَقِيلٍ، وَقَدِ احْتَجَّ بِهِ كِبَارُ الْأَئِمَّةِ، وَبَقِيَّةُ رِجَالِهِ ثِقَاتٌ.
Dalam sanadnya terdapat Ibnu ‘Aqīl, dan para imam besar berhujjah dengannya, sementara perawi lainnya adalah orang-orang yang tsiqah (terpercaya).
وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَابِرٍ هَذَا هُوَ الْعَبْدِيُّ، كَمَا قَالَ ابْنُ الْجَوْزِيِّ،
‘Abdullāh bin Jābir yang dimaksud di sini adalah al-‘Abdī, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu al-Jauzī,
وَقِيلَ: الْأَنْصَارِيُّ الْبَيَاضِيُّ، كَمَا قَالَ ابْنُ عَسَاكِرَ.
dan ada yang mengatakan: al-Anṣārī al-Bayāḍī, sebagaimana dikemukakan oleh Ibnu ‘Asākir.
(1) الْحِجْرُ: ٨٧.
(1) (Surah) al-Ḥijr: ayat 87.
فَتْحُ الْقَدِيرِ لِلشَّوْكَانِيِّ - ج ١ (ص: ١٩).
*Fatḥ al-Qadīr* karya asy-Syaukānī, jilid 1, hlm. 19.
---
وَفِي الصَّحِيحَيْنِ وَغَيْرِهِمَا مِنْ حَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ:
Dalam dua kitab *Ṣaḥīḥ* (al-Bukhārī dan Muslim) dan lainnya, dari hadis Abū Sa‘īd:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَمَّا أَخْبَرُوهُ بِأَنَّ رَجُلًا رَقَى سَلِيمًا بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ:
bahwa Nabi saw. ketika diberi tahu bahwa ada seorang laki-laki yang meruqyah orang yang tersengat (binatang) dengan Fātiḥat al-Kitāb, beliau bersabda:
وَمَا كَانَ يُدْرِيهِ أَنَّهَا رُقْيَةٌ؟
“Bagaimana ia tahu bahwa surah itu adalah ruqyah (bacaan penyembuh)?”
الْحَدِيثَ.
(Demikian keseluruhan hadisnya.)
---
وَأَخْرَجَ مُسْلِمٌ فِي صَحِيحِهِ، وَالنَّسَائِيُّ فِي سُنَنِهِ مِنْ حَدِيثِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ:
Muslim dalam *Ṣaḥīḥ*-nya, dan an-Nasā’ī dalam *Sunan*-nya, meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbās, ia berkata:
بَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعِنْدَهُ جِبْرِيلُ إِذْ سَمِعَ نَقِيضًا فَوْقَهُ،
“Ketika Rasulullah saw. sedang bersama Jibrīl, tiba-tiba beliau mendengar suara berderit di atas beliau,
فَرَفَعَ جِبْرِيلُ بَصَرَهُ إِلَى السَّمَاءِ فَقَالَ:
maka Jibrīl mengangkat pandangannya ke langit dan berkata:
هَذَا بَابٌ قَدْ فُتِحَ مِنَ السَّمَاءِ، مَا فُتِحَ قَطُّ».
“Inilah sebuah pintu yang telah dibuka dari langit, yang sebelumnya tidak pernah dibuka sama sekali.”
قَالَ: «فَنَزَلَ مِنْهُ مَلَكٌ، فَأَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ:
Ibnu ‘Abbās berkata: “Lalu turun darinya seorang malaikat dan datang kepada Nabi saw., kemudian berkata:
أَبْشِرْ بِنُورَيْنِ قَدْ أُوتِيتَهُمَا لَمْ يُؤْتَهُمَا نَبِيٌّ قَبْلَكَ:
“Bergembiralah dengan dua cahaya yang diberikan kepadamu, yang tidak diberikan kepada nabi mana pun sebelum engkau:
فَاتِحَةُ الْكِتَابِ، وَخَوَاتِيمُ سُورَةِ الْبَقَرَةِ،
(yaitu) Fātiḥat al-Kitāb dan penutup Surah al-Baqarah.
لَنْ تَقْرَأَ حَرْفًا مِنْهُمَا إِلَّا أُوتِيتَهُ».
Engkau tidak membaca satu huruf pun dari keduanya, melainkan pasti engkau akan diberi (pahalanya).”
---
وَأَخْرَجَ مُسْلِمٌ وَالنَّسَائِيُّ وَالتِّرْمِذِيُّ، وَصَحَّحَهُ، مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ:
Muslim, an-Nasā’ī dan at-Tirmiżī (yang mensahihkannya) meriwayatkan dari hadis Abū Hurairah:
مَنْ صَلَّى صَلَاةً لَمْ يُقْرَأْ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ، فَهِيَ خِدَاجٌ - ثَلَاثًا - غَيْرُ تَامَّةٍ
“Barang siapa mengerjakan suatu salat yang tidak dibaca di dalamnya Ummul-Qur’ān, maka salat itu cacat—(beliau mengucapkannya tiga kali)—tidak sempurna.”
---
وَأَخْرَجَ الْبَزَّارُ فِي مُسْنَدِهِ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ:
Al-Bazzār meriwayatkan dalam *Musnad*-nya dengan sanad yang lemah dari Anas, ia berkata:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
Rasulullah saw. bersabda:
إِذَا وَضَعْتَ جَنْبَكَ عَلَى الْفِرَاشِ، وَقَرَأْتَ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ، وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، فَقَدْ أَمِنْتَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ إِلَّا الْمَوْتَ
“Apabila engkau membaringkan lambungmu di atas tempat tidur, lalu engkau membaca Fātiḥat al-Kitāb dan *Qul huwa Allāhu Aḥad*, maka engkau telah aman dari segala sesuatu kecuali kematian.”
---
وَأَخْرَجَ الطَّبَرَانِيُّ فِي الْأَوْسَطِ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ عَنْ أَبِي زَيْدٍ - وَكَانَ لَهُ صُحْبَةٌ - قَالَ:
Ath-Ṭabarānī meriwayatkan dalam *al-Mu‘jam al-Awsaṭ* dengan sanad yang lemah dari Abū Zaid—dan ia seorang sahabat—ia berkata:
كُنْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي بَعْضِ فِجَاجِ الْمَدِينَةِ،
“Aku pernah bersama Nabi saw. di salah satu lembah Madinah,
فَسَمِعَ رَجُلًا يَتَهَجَّدُ وَيَقْرَأُ بِأُمِّ الْقُرْآنِ،
lalu beliau mendengar seorang laki-laki yang sedang salat malam dan membaca Ummul-Qur’ān.
فَقَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاسْتَمَعَ حَتَّى خَتَمَهَا، ثُمَّ قَالَ:
Maka Nabi saw. berdiri dan mendengarkan hingga ia menyelesaikannya, kemudian beliau bersabda:
مَا فِي الْقُرْآنِ مِثْلُهَا
“Tidak ada sesuatu pun di dalam Al-Qur’an yang semisal dengannya.”
---
وَأَخْرَجَ سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ فِي سُنَنِهِ، وَالْبَيْهَقِيُّ فِي شُعَبِ الْإِيمَانِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ:
Sa‘īd bin Manṣūr dalam *Sunan*-nya, dan al-Baihaqī dalam *Syu‘ab al-Īmān*, meriwayatkan dari Abū Sa‘īd al-Khudrī:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
bahwa Rasulullah saw. bersabda:
فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ سَقَمٍ
“Fātiḥat al-Kitāb adalah obat bagi setiap penyakit.”
وَأَخْرَجَ أَبُو الشَّيْخِ نَحْوَهُ مِنْ حَدِيثِهِ، وَحَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ مَرْفُوعًا.
Abū asy-Syaikh meriwayatkan hal yang semisal dari hadisnya, dan juga dari hadis Abū Hurairah secara marfū‘ (sampai kepada Nabi).
---
وَأَخْرَجَ الدَّارِمِيُّ، وَالْبَيْهَقِيُّ فِي شُعَبِ الْإِيمَانِ بِسَنَدٍ رِجَالُهُ ثِقَاتٌ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ قَالَ:
Ad-Dārimī dan al-Baihaqī dalam *Syu‘ab al-Īmān*, dengan sanad yang para perawinya tsiqah, meriwayatkan dari ‘Abdul-Malik bin ‘Umair, ia berkata:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي فَاتِحَةِ الْكِتَابِ:
Rasulullah saw. bersabda tentang Fātiḥat al-Kitāb:
شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ
“Ia adalah penyembuh dari setiap penyakit.”
---
وَأَخْرَجَ أَحْمَدُ وَأَبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائِيُّ وَابْنُ السُّنِّيِّ فِي عَمَلِ الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ، وَابْنُ جَرِيرٍ وَالْحَاكِمُ، وَصَحَّحَهُ، عَنْ خَارِجَةَ بْنِ الصَّلْتِ التَّمِيمِيِّ، عَنْ عَمِّهِ:
Aḥmad, Abū Dāwud, an-Nasā’ī, Ibnu as-Sunnī dalam *‘Amal al-Yaum wa al-Lailah*, Ibnu Jarīr, dan al-Ḥākim (yang mensahihkannya), meriwayatkan dari Khārijah bin aṣ-Ṣalt at-Tamīmī, dari pamannya:
أَنَّهُ أَتَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ أَقْبَلَ رَاجِعًا مِنْ عِنْدِهِ،
bahwa ia datang kepada Rasulullah saw., kemudian ia kembali pulang dari sisi beliau,
فَمَرَّ عَلَى قَوْمٍ وَعِنْدَهُمْ رَجُلٌ مَجْنُونٌ مُوثَقٌ بِالْحَدِيدِ،
lalu ia melewati suatu kaum yang di sisi mereka ada seorang laki-laki gila yang diikat dengan besi.
فَقَالَ أَهْلُهُ: أَعِنْدَكَ مَا تُدَاوِي بِهِ هَذَا؟ فَإِنَّ صَاحِبَكُمْ قَدْ جَاءَ بِخَيْرٍ.
Keluarganya berkata, “Apakah engkau mempunyai sesuatu untuk mengobati orang ini? Sesungguhnya sahabatmu (yaitu Nabi) telah datang membawa kebaikan.”
قَالَ: فَقَرَأْتُ عَلَيْهِ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ، ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فِي كُلِّ يَوْمٍ مَرَّتَيْنِ، غُدْوَةً وَعَشِيَّةً،
Ia berkata, “Maka aku membacakan Fātiḥat al-Kitāb atasnya selama tiga hari, setiap hari dua kali: pagi dan petang.
أَجْمَعُ بُزَاقِي ثُمَّ أَتْفُلُ، فَبَرَأَ،
Aku mengumpulkan ludahku lalu aku tiupkan (sedikit) kepadanya, maka ia pun sembuh.”
فَأَعْطَانِي مِائَةَ شَاةٍ،
Lalu mereka memberiku seratus ekor kambing.
فَأَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لَهُ،
Maka aku datang kepada Nabi saw. dan menceritakan hal itu kepada beliau.
فَقَالَ: «كُلْ، فَلَعَمْرِي مَنْ أَكَلَ بِرُقْيَةِ بَاطِلٍ فَقَدْ أَكَلْتَ أَنْتَ بِرُقْيَةِ حَقٍّ».
Beliau bersabda, “Makanlah (kambing-kambing itu). Demi umurku, sungguh orang yang memakan (upah) dengan ruqyah yang batil (saja) boleh jadi memakannya, sedangkan engkau telah memakan (upah) dengan ruqyah yang benar.”
---
وَأَخْرَجَ الْفِرْيَابِيُّ فِي تَفْسِيرِهِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ:
Al-Firyābī meriwayatkan dalam tafsirnya dari Ibnu ‘Abbās, ia berkata:
فَاتِحَةُ الْكِتَابِ ثُلُثُ الْقُرْآنِ
“Fātiḥat al-Kitāb adalah sepertiga Al-Qur’an.”
---
وَأَخْرَجَ الطَّبَرَانِيُّ فِي الْأَوْسَطِ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ:
Ath-Ṭabarānī meriwayatkan dalam *al-Mu‘jam al-Awsaṭ* dengan sanad yang lemah dari Ibnu ‘Abbās, ia berkata:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
Rasulullah saw. bersabda:
مَنْ قَرَأَ أُمَّ الْقُرْآنِ، وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، فَكَأَنَّمَا قَرَأَ ثُلُثَ الْقُرْآنِ
“Barang siapa membaca Ummal-Qur’ān dan *Qul huwa Allāhu Aḥad*, maka seakan-akan ia telah membaca sepertiga Al-Qur’an.”
---
وَأَخْرَجَ عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ فِي مُسْنَدِهِ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ، يَرْفَعُهُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
‘Abd bin Ḥumaid meriwayatkan dalam *Musnad*-nya dengan sanad yang lemah dari Ibnu ‘Abbās, secara marfū‘ kepada Nabi saw.:
فَاتِحَةُ الْكِتَابِ تَعْدِلُ بِثُلُثَيِ الْقُرْآنِ
“Fātiḥat al-Kitāb sebanding dengan dua pertiga Al-Qur’an.”
---
وَأَخْرَجَ الْحَاكِمُ وَصَحَّحَهُ، وَأَبُو ذَرٍّ الْهَرَوِيُّ فِي فَضَائِلِهِ، وَالْبَيْهَقِيُّ فِي الشُّعَبِ عَنْ أَنَسٍ قَالَ:
Al-Ḥākim meriwayatkan (dan mensahihkannya), begitu juga Abū Żar al-Harawī dalam kitab keutamaannya, dan al-Baihaqī dalam *as-Syu‘ab*, dari Anas, ia berkata:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَسِيرٍ لَهُ، فَنَزَلَ، فَمَشَى رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِهِ إِلَى جَنْبِهِ،
“Suatu ketika Nabi saw. sedang dalam sebuah perjalanan, lalu beliau berhenti (untuk beristirahat). Seorang laki-laki dari para sahabat beliau berjalan di samping beliau,
فَالْتَفَتَ إِلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ:
maka Nabi saw. menoleh kepadanya dan bersabda:
أَلَا أُخْبِرُكَ بِأَفْضَلِ الْقُرْآنِ؟
“Maukah engkau aku beritahu bagian Al-Qur’an yang paling utama?”
فَتَلَا عَلَيْهِ: «الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ».
Kemudian beliau membacakan kepadanya: *Al-ḥamdu lillāhi Rabbil-‘ālamīn*.
---
وَأَخْرَجَ أَبُو نُعَيْمٍ وَالدَّيْلَمِيُّ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ:
Abū Nu‘aim dan ad-Daylamī meriwayatkan dari Abū ad-Dardā’, ia berkata:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
Rasulullah saw. bersabda:
فَاتِحَةُ الْكِتَابِ تَجْزِي مَا لَا يَجْزِي شَيْءٌ مِنَ الْقُرْآنِ،
“Fātiḥat al-Kitāb dapat mencukupi (menggantikan) apa yang tidak dapat dicukupi oleh bagian mana pun dari Al-Qur’an,
وَلَوْ أَنَّ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ جُعِلَتْ فِي كِفَّةِ الْمِيزَانِ، وَجُعِلَ الْقُرْآنُ فِي الْكِفَّةِ الْأُخْرَى،
dan seandainya Fātiḥat al-Kitāb diletakkan pada satu daun timbangan, dan seluruh Al-Qur’an diletakkan pada daun timbangan yang lain,
لَفَضَلَتْ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ عَلَى الْقُرْآنِ سَبْعَ مَرَّاتٍ».
niscaya Fātiḥat al-Kitāb akan lebih berat (utama) daripada Al-Qur’an sebanyak tujuh kali lipat.”
---
وَأَخْرَجَ أَبُو عُبَيْدٍ فِي فَضَائِلِهِ عَنِ الْحَسَنِ مُرْسَلًا قَالَ:
Abū ‘Ubaid meriwayatkan dalam *Faḍā’il*-nya secara mursal dari al-Ḥasan, ia berkata:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
Rasulullah saw. bersabda:
مَنْ قَرَأَ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ، فَكَأَنَّمَا قَرَأَ التَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ وَالزَّبُورَ وَالْفُرْقَانَ.
“Barang siapa membaca Fātiḥat al-Kitāb, maka seakan-akan ia telah membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Furqan (Al-Qur’an).”