Mengenai Kitab Ini
ب- التَّعْرِيفُ بِالْكِتَابِ
B. Pengenalan Kitab
١- الْكِتَابُ
1. Kitab (Nama Kitab)
هُوَ «فَتْحُ الْقَدِيرِ الْجَامِعُ بَيْنَ فَنَّيِ الرِّوَايَةِ وَالدِّرَايَةِ مِنْ عِلْمِ التَّفْسِيرِ».
Kitab ini adalah Fath Al-Qadir Al-Jami' baina Fannay Ar-Riwayah wad-Dirayah min 'Ilm At-Tafsir (Pembukaan Yang Maha Kuasa yang Menghimpun Dua Metode: Riwayat dan Dirayat dalam Ilmu Tafsir).
٢- مَعْنَى فَنَّيِ الرِّوَايَةِ وَالدِّرَايَةِ عِنْدَ الْمُفَسِّرِينَ:
2. Makna Dua Metode: Riwayat dan Dirayat Menurut Para Mufasir:
التَّفْسِيرُ بِالرِّوَايَةِ: هُوَ التَّفْسِيرُ بِالْمَأْثُورِ.
Tafsir dengan riwayat adalah tafsir dengan atsar (nukilan dari sumber yang lalu).
وَهُوَ مَا جَاءَ فِي الْقُرْآنِ، أَوِ السُّنَّةِ، أَوْ كَلَامِ الصَّحَابَةِ بَيَانًا لِمُرَادِ اللهِ تَعَالَى مِنْ كِتَابِهِ.
Yaitu apa yang datang dalam Al-Qur'an, atau As-Sunnah, atau perkataan para Sahabat sebagai penjelasan tentang maksud Allah Ta'ala dari Kitab-Nya.
وَالتَّفْسِيرُ بِالدِّرَايَةِ: هُوَ التَّفْسِيرُ بِالرَّأْيِ وَالِاجْتِهَادِ.
Sedangkan tafsir dengan dirayat adalah tafsir dengan pendapat dan ijtihad.
وَيَكُونُ جَائِزًا وَمُوَفَّقًا وَمَحْمُودًا إِذَا اسْتَنَدَ إِلَى أَرْبَعَةِ أُمُورٍ:
Tafsir ini menjadi boleh, tepat, dan terpuji apabila bersandar kepada empat perkara:
أ- النَّقْلُ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
a. Nukilan dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
ب- الْأَخْذُ بِقَوْلِ الصَّحَابِيِّ.
b. Mengambil perkataan Sahabat.
ج- الْأَخْذُ بِمُطْلَقِ اللُّغَةِ.
c. Mengambil makna bahasa secara mutlak.
د- الْأَخْذُ بِمَا يَقْتَضِيهِ الْكَلَامُ، وَيَدُلُّ عَلَيْهِ قَانُونُ الشَّرْعِ.
d. Mengambil apa yang dituntut oleh konteks perkataan dan ditunjukkan oleh kaidah syariat.
وَهَذَا يَكْشِفُ لَنَا بِسُهُولَةٍ وَيُسْرٍ مَنْهَجَ الشَّوْكَانِيِّ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى فِي تَفْسِيرِهِ.
Hal ini mengungkapkan kepada kita dengan mudah dan jelas metode Asy-Syaukani rahimahullah dalam tafsirnya.
وَكَيْفَ جَاءَتْ تَسْمِيَتُهُ نَتِيجَةً حَتْمِيَّةً لِخُطَّتِهِ وَطَرِيقَتِهِ.
Dan bagaimana penamaannya menjadi hasil yang pasti dari rencana dan caranya.
وَهَذَا وَاضِحٌ فِي الْمُقَدِّمَةِ، حَيْثُ قَسَّمَ الْمُفَسِّرِينَ الَّذِينَ سَبَقُوهُ فِي التَّأْلِيفِ إِلَى فَرِيقَيْنِ:
Hal ini jelas dalam mukadimah, di mana beliau membagi para mufasir yang mendahuluinya dalam penulisan menjadi dua kelompok:
فَرِيقٌ اقْتَصَرُوا عَلَى الرِّوَايَةِ.
Kelompok yang membatasi diri pada riwayat saja.
وَفَرِيقٌ اعْتَمَدُوا عَلَى مُقْتَضَيَاتِ اللُّغَةِ وَمَا تُفِيدُهُ الْعُلُومُ الْآلِيَّةُ، وَلَمْ يَرْفَعُوا لِلرِّوَايَةِ رَأْسًا الْبَتَّةَ.
Dan kelompok yang bergantung pada tuntutan bahasa dan apa yang diberikan oleh ilmu-ilmu alat (bantu), serta sama sekali tidak menghiraukan riwayat.
وَقَالَ: لَا بُدَّ مِنَ الْجَمْعِ بَيْنَ الْأَمْرَيْنِ، وَعَدَمِ الِاقْتِصَارِ عَلَى أَحَدِ الْفَرِيقَيْنِ.
Beliau berkata: "Harus menggabungkan antara kedua hal tersebut, dan tidak membatasi pada salah satu dari dua kelompok itu."
٣- مُمَيِّزَاتُ فَتْحِ الْقَدِيرِ:
3. Keistimewaan Fath Al-Qadir:
١- الشَّخْصِيَّةُ الْعِلْمِيَّةُ الْفَذَّةُ لِلْمُؤَلِّفِ.
Kepribadian ilmiah yang unik dari penulisnya.
فَقَدْ تَوَافَرَتْ لِلشَّوْكَانِيِّ أَنْوَاعُ الْعُلُومِ الَّتِي اشْتَرَطَهَا الْعُلَمَاءُ فِي الْمُفَسِّرِ لِكِتَابِ اللهِ تَعَالَى.
Sungguh Asy-Syaukani telah memiliki berbagai jenis ilmu yang disyaratkan para ulama bagi seorang mufasir Kitabullah Ta'ala.
لِتَحْقِيقِ أَعْلَى مَرَاتِبِ التَّفْسِيرِ.
Untuk mencapai tingkatan tafsir yang paling tinggi.
وَهِيَ اللُّغَةُ وَالنَّحْوُ وَالصَّرْفُ، وَعُلُومُ الْبَلَاغَةِ.
Yaitu ilmu bahasa, nahwu (sintaksis), sharaf (morfologi), dan ilmu-ilmu balaghah (retorika).
وَعِلْمُ أُصُولِ الْفِقْهِ، وَعِلْمُ التَّوْحِيدِ.
Juga ilmu ushul fikih dan ilmu tauhid.
وَمَعْرِفَةُ أَسْبَابِ النُّزُولِ، وَالْقَصَصِ، وَالنَّاسِخِ وَالْمَنْسُوخِ.
Serta pengetahuan tentang sebab-sebab turunnya ayat, kisah-kisah, dan nasikh-mansukh (ayat yang menghapus dan yang dihapus).
وَالْأَحَادِيثِ الْمُبَيِّنَةِ لِلْمُجْمَلِ وَالْمُبْهَمِ.
Dan hadis-hadis yang menjelaskan ayat yang bersifat global dan yang samar.
وَعِلْمُ الْمَوْهِبَةِ الشَّرْعِيَّةِ، وَهُوَ عِلْمٌ يُورِثُهُ اللهُ تَعَالَى لِمَنْ عَمِلَ بِمَا عَلِمَ.
Juga ilmu mauhibah syar'iyyah (pemberian ilmiah dari Allah), yaitu ilmu yang diwariskan Allah Ta'ala kepada orang yang mengamalkan ilmunya.
وَلَا يَنَالُهُ مَنْ فِي قَلْبِهِ بِدْعَةٌ، أَوْ كِبْرٌ، أَوْ حُبُّ دُنْيَا، أَوْ مَيْلٌ إِلَى الْمَعَاصِي.
Dan tidak akan memperolehnya orang yang dalam hatinya terdapat bid'ah, kesombongan, cinta dunia, atau kecenderungan kepada maksiat.
قَالَ اللهُ تَعَالَى: {سَأَصْرِفُ عَنْ آيَاتِيَ الَّذِينَ يَتَكَبَّرُونَ فِي الْأَرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ} [الأعراف: ١٤٦].
Allah Ta'ala berfirman: "Aku akan memalingkan dari tanda-tanda kekuasaan-Ku orang-orang yang menyombongkan diri di muka bumi tanpa alasan yang benar." (QS. Al-A'raf: 146)
وَقَدْ سَبَقَ فِي التَّعْرِيفِ بِالشَّوْكَانِيِّ رَحِمَهُ اللهُ أَنَّهُ جَمَعَ هَذِهِ الْعُلُومَ وَزَادَ عَلَيْهَا، حَتَّى وَصَلَ مَرْتَبَةَ الِاجْتِهَادِ.
Telah disebutkan sebelumnya dalam pengenalan Asy-Syaukani rahimahullah bahwa beliau menghimpun ilmu-ilmu ini dan menambahnya, hingga mencapai tingkatan ijtihad.
٢- الْجَمْعُ بَيْنَ فَنَّيِ الرِّوَايَةِ وَالدِّرَايَةِ مِنْ عِلْمِ التَّفْسِيرِ.
Penggabungan antara dua metode riwayat dan dirayat dalam ilmu tafsir.
وَقَدْ ذَكَرَ السَّيِّدُ مُحَمَّدُ صِدِّيقُ حَسَنُ خَانَ فِي كِتَابِهِ «أَبْجَدِ الْعُلُومِ» أَنَّ هَذَا الْجَمْعَ بَيْنَ الرِّوَايَةِ وَالدِّرَايَةِ سَبَقَهُ إِلَيْهِ الْعَلَّامَةُ مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنُ بَهْرَانَ.
Sayid Muhammad Shiddiq Hasan Khan telah menyebutkan dalam kitabnya Abjad Al-'Ulum bahwa penggabungan antara riwayat dan dirayat ini telah didahului oleh Al-'Allamah Muhammad bin Yahya bin Bahran.
وَقَالَ: «لَكِنَّ تَفْسِيرَ الشَّوْكَانِيِّ أَبْسَطُ وَأَجْمَعُ وَأَحْسَنُ تَرْتِيبًا وَتَرْصِيفًا».
Ia berkata: "Akan tetapi tafsir Asy-Syaukani lebih luas, lebih lengkap, dan lebih baik dalam susunan dan penataannya."
٣- حَجْمُهُ الْوَسَطُ بَيْنَ كُتُبِ التَّفْسِيرِ الْمُطَوَّلَةِ وَالْمُخْتَصَرَةِ.
Ukurannya yang sedang di antara kitab-kitab tafsir yang panjang dan yang ringkas.
فَهُوَ خَمْسَةُ أَجْزَاءٍ مُجَلَّدَةٍ مِنَ الْحَجْمِ الْمُتَوَسِّطِ.
Kitab ini terdiri dari lima jilid berukuran sedang.
وَقَدْ أَشَارَ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى فِي مَوَاطِنَ كَثِيرَةٍ مِنْ تَفْسِيرِهِ إِلَى تَرْكِ الْإِطَالَةِ وَالِاسْتِقْصَاءِ.
Beliau rahimahullah telah mengisyaratkan di banyak tempat dalam tafsirnya untuk meninggalkan panjang lebar dan penelusuran yang berlebihan.
وَالْإِحَالَةِ إِلَى كُتُبِ الْحَدِيثِ أَوْ كُتُبِ الْفِقْهِ وَغَيْرِهَا.
Serta merujuk kepada kitab-kitab hadis atau kitab-kitab fikih dan lainnya.
مِمَّا جَعَلَ هَذَا التَّفْسِيرَ حَقًّا «لُبَّ اللُّبَابِ، وَذُخْرًا مِنَ الذَّخَائِرِ الَّتِي لَيْسَ لَهَا انْقِطَاعٌ».
Hal ini menjadikan tafsir ini benar-benar "inti dari inti, dan simpanan dari khazanah yang tidak akan pernah terputus."
وَمَرْجِعًا مُقَرَّرًا فِي الْمَرَاكِزِ الْعِلْمِيَّةِ وَالْجَامِعَاتِ.
Dan menjadi rujukan yang ditetapkan di pusat-pusat ilmiah dan universitas-universitas.
وَمَصْدَرًا وَافِيًا لِطُلَّابِ الْعِلْمِ فِي الْجَوَانِبِ الْحَدِيثِيَّةِ وَالْفِقْهِيَّةِ وَاللُّغَوِيَّةِ.
Serta menjadi sumber yang memadai bagi para penuntut ilmu dalam aspek hadis, fikih, dan bahasa.
٤- مَوَارِدُهُ:
4. Sumber-sumber Rujukannya:
اسْتَفَادَ الشَّوْكَانِيُّ مِنْ كُتُبِ التَّفْسِيرِ الْمُتَقَدِّمَةِ.
Asy-Syaukani telah mengambil manfaat dari kitab-kitab tafsir terdahulu.
وَانْتَقَدَ اقْتِصَارَ بَعْضِهَا عَلَى الرِّوَايَةِ، وَبَعْضِهَا الْآخَرِ عَلَى الدِّرَايَةِ.
Beliau mengkritik sebagian kitab yang membatasi diri pada riwayat saja, dan sebagian lainnya yang membatasi diri pada dirayat saja.
كَمَا شَنَّعَ عَلَى أَصْحَابِ الْآرَاءِ الْمَذْمُومَةِ، وَأَتْبَاعِ الْأَهْوَاءِ الضَّالَّةِ.
Beliau juga mencela para pemilik pendapat yang tercela dan pengikut hawa nafsu yang sesat.
وَكَانَ مِنْ أَبْرَزِ الْعُلَمَاءِ الَّذِينَ وَرَدَ كُتُبَهُمْ وَنَهَلَ مِنْهَا:
Di antara ulama paling menonjol yang kitab-kitabnya beliau rujuk dan beliau timba adalah:
١- النَّحَّاسُ:
أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْمَاعِيلَ الْمُرَادِيُّ الْمِصْرِيُّ، مُفَسِّرٌ.
كَانَ مِنْ نُظَرَاءِ نِفْطَوَيْهِ وَابْنِ الْأَنْبَارِيِّ.
زَارَ الْعِرَاقَ وَاجْتَمَعَ بِعُلَمَائِهِ.
وَصَنَّفَ فِي تَفْسِيرِ الْقُرْآنِ الْكَرِيمِ وَإِعْرَابِهِ وَمَعَانِيهِ.
تُوُفِّيَ سَنَةَ ٣٣٨ هـ.
1. An-Nahhas:
Ahmad bin Muhammad bin Ismail Al-Muradi Al-Mishri, seorang mufasir.
Ia termasuk rekan setara dengan Nifthawaih dan Ibnu Al-Anbari.
Ia mengunjungi Irak dan bertemu dengan para ulamanya.
Ia menyusun karya dalam tafsir Al-Qur'an Al-Karim, i'rabnya (analisis gramatikalnya), dan makna-maknanya.
Ia wafat pada tahun 338 H.
٢- ابْنُ عَطِيَّةَ (الْمُتَقَدِّمُ):
عَبْدُ اللهِ بْنُ عَطِيَّةَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ حَبِيبٍ، أَبُو مُحَمَّدٍ.
عَالِمٌ بِالتَّفْسِيرِ، مُقْرِئٌ، مِنْ أَهْلِ دِمَشْقَ.
كَانَ يَحْفَظُ خَمْسِينَ أَلْفَ بَيْتٍ لِلِاسْتِشْهَادِ عَلَى مَعَانِي الْقُرْآنِ.
لَهُ «تَفْسِيرُ ابْنِ عَطِيَّةَ» مَخْطُوطٌ.
تُوُفِّيَ سَنَةَ ٣٨٣ هـ.
2. Ibnu 'Athiyyah (yang Terdahulu):
Abdullah bin 'Athiyyah bin Abdullah bin Habib, Abu Muhammad.
Seorang ahli tafsir, qari (ahli baca Al-Qur'an), dari penduduk Damaskus.
Ia menghafal lima puluh ribu bait syair untuk dijadikan bukti atas makna-makna Al-Qur'an.
Ia memiliki Tafsir Ibnu 'Athiyyah yang masih berupa manuskrip.
Ia wafat pada tahun 383 H.
٣- ابْنُ عَطِيَّةَ (الْمُتَأَخِّرُ):
عَبْدُ الْحَقِّ بْنُ غَالِبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَطِيَّةَ الْمُحَارِبِيُّ، مِنْ مُحَارِبِ قَيْسٍ، الْغَرْنَاطِيُّ، أَبُو مُحَمَّدٍ.
مُفَسِّرٌ، فَقِيهٌ، أَنْدَلُسِيٌّ، مِنْ أَهْلِ غَرْنَاطَةَ.
لَهُ كِتَابُ «الْمُحَرَّرِ الْوَجِيزِ فِي تَفْسِيرِ الْكِتَابِ الْعَزِيزِ» فِي عَشَرَةِ مُجَلَّدَاتٍ، مَخْطُوطٌ.
تُوُفِّيَ سَنَةَ ٥٤٢ هـ.
3. Ibnu 'Athiyyah (yang Belakangan):
Abdul Haqq bin Ghalib bin Abdurrahman bin 'Athiyyah Al-Muharibi, dari kabilah Muharib Qais, Al-Gharnathi (dari Granada), Abu Muhammad.
Seorang mufasir, ahli fikih, berkebangsaan Andalusia, dari penduduk Granada.
Ia memiliki kitab Al-Muharrar Al-Wajiz fi Tafsir Al-Kitab Al-'Aziz dalam sepuluh jilid, masih berupa manuskrip.
Ia wafat pada tahun 542 H.
٤- الْقُرْطُبِيُّ:
مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ فَرَجٍ الْأَنْصَارِيُّ الْقُرْطُبِيُّ الْمَالِكِيُّ، أَبُو عَبْدِ اللهِ.
مُفَسِّرٌ، صَاحِبُ تَصَانِيفَ.
مِنْ أَشْهَرِ كُتُبِهِ «تَفْسِيرُ الْقُرْطُبِيِّ» مَطْبُوعٌ فِي عِشْرِينَ مُجَلَّدًا وَهُوَ التَّفْسِيرُ الْمَشْهُورُ.
قَالَ الذَّهَبِيُّ عَنْهُ: عَمِلَ التَّفْسِيرَ الْكَبِيرَ، وَتَعِبَ عَلَيْهِ، وَحَشَّاهُ بِكُلِّ فَرِيدَةٍ.
تُوُفِّيَ سَنَةَ ٦٧٣ هـ.
4. Al-Qurthubi:
Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakr bin Faraj Al-Anshari Al-Qurthubi Al-Maliki, Abu Abdullah.
Seorang mufasir, pemilik banyak karya tulis.
Di antara kitabnya yang paling terkenal adalah Tafsir Al-Qurthubi yang dicetak dalam dua puluh jilid, dan itulah tafsir yang masyhur.
Adz-Dzahabi berkata tentangnya: "Ia menyusun tafsir yang besar, bersusah payah atasnya, dan memenuhinya dengan setiap mutiara yang berharga."
Ia wafat pada tahun 673 H.
٥- السُّيُوطِيُّ:
عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ سَابِقِ الدِّينِ الْخُضَيْرِيُّ السُّيُوطِيُّ، جَلَالُ الدِّينِ.
إِمَامٌ حَافِظٌ مُؤَرِّخٌ أَدِيبٌ، صَاحِبُ التَّصَانِيفِ الْكَثِيرَةِ.
مِنْ أَشْهَرِ كُتُبِهِ «الدُّرُّ الْمَنْثُورُ فِي التَّفْسِيرِ بِالْمَأْثُورِ» مَطْبُوعٌ فِي ثَمَانِ مُجَلَّدَاتٍ.
تُوُفِّيَ سَنَةَ ٩١١ هـ.
5. As-Suyuthi:
Abdurrahman bin Abi Bakr bin Muhammad bin Sabiq Ad-Din Al-Khudhairi As-Suyuthi, Jalaluddin.
Seorang imam, hafizh (penghafal hadis), sejarawan, dan sastrawan, pemilik karya tulis yang sangat banyak.
Di antara kitabnya yang paling terkenal adalah Ad-Durr Al-Mantsur fit-Tafsir bil-Ma'tsur yang dicetak dalam delapan jilid.
Ia wafat pada tahun 911 H.